Takut Anak Kena Kejahatan di Internet? Ini Cara Amannya!

👁️00x   💬0 🕗00:00 menit

Chord | Judul
1-9   A   B   C   D   E   F   G   H   I   J   K   L   M   N   O   P   Q   R   S   T   U   V   W   X   Y  

Anak main internet jadi takut kena kejahatan di internet?

Salam #MasBro #MbakBro

Kejahatan internet ini adalah kejahatan yang terjadi didunia maya dan merupakan suatu tindakan illegal.

Takut Anak Kena Kejahatan di Internet? Ini Cara Amannya!

Kejahatan-kejahatan seperti penculikan, penipuan, pornografi, penghinaan ato pencemaran nama baik, dan perjudian bisa terjadi kepada anak-anak saat mereka menggunakan intenet. Oleh karena itu, orang tua harus selalu mendampingi anaknya serta memberikan edukasi tentang berinternet secara aktif supaya keamanan anak tetap terjaga.

Cara Aman Berinternet untuk Anak

1. Pastikan Selalu Mengawasi Anak 

Pantau terus apa aja yang dilakukan oleh anak pada gadget ato komputer mereka, selalu mengecek apakah ada aplikasi yang ga sesuai dengan umurnya. Juga awasi anak untuk ga menyebarkan data pribadi.

Baca Juga
Sah Kah Suatu Perjanjian Apabila Dibuat Tanpa Meterai?

2. Ajarkan Anak untuk Memilih Konten yang Sesuai dengan Usianya

Ajarkan anak agar bisa memilih konten mana aja yang boleh ditonton sehingga terlindungi dari konten yang ga seusianya. Dari survei pada Februari 2021 oleh tim Trust Research, orang tua di Indonesia khawatir bahwa anak-anaknya akan melihat konten yang ga pantas di internet.

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

3. Setting Mesin Pencari

Menyetting mesin pencari supaya bisa memblokir situs yang memuat konten seksual serta mengingatkan untuk ga mengklik URL ato link mencurigakan.

4. Pakai Jaringan dan Koneksi yang Aman

Selalu pastikan bahwa koneksi yang digunakan aman. Jika menggunakan WIFI public diharapkan hati hati karena bisa aja WIFI tersebut ga dienkripsi sehingga siapapun yang ada di jaringan itu bisa memantau aktivitas anak di internet. 

5. Buat Peraturan

Kamu bisa membuat aturan tentang penggunakan internet sehingga ga akan berlebihan dan berdampak buruk bagi anak. Buat juga konsekuensi jika anak melanggar peraturan itu.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Kesimpulan

Di dunia yang serba canggih ini semua orang pasti kenal Internet, ga kecuali anak-anak. Internet ini bisa jadi bahaya bagi anak-anak karena banyak kejahatan yang terjadi. Cara supaya anak terhindar dari kejahatan internet adalah dengan memantau apa aja situs yang aman untuk usianya, mengubah mesin pencari agar bisa memblokir situs ga jelas, serta buat peraturan dan konsekuensinya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Terimakasih
hukumonline.com, popmama.com, dan orami.co.id dibuka pukul 16:21 WIB pada Hari Kamis tanggal 19 Agustus 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
hukum, hukumIN, menghakimiHUKUM, anak aman internet, tips aman anak main internet, aman internet, mengatur internet anak, pengawasan anak internet, membatasi internet anak, kejahatan internet,

Comments

Leave a Reply