Cara Hitung Pajak kos-kossan

👁️127x   💬0   🕗01:27

   Cari kata KBBHukum lain?
1-9  A  B  C  D  E  F  G  H  I  J  K  L  M  N  O  P  Q  R  S  T  U  V  W  X  Y  Z

Kalian punya usaha kos-kosan ? Gimana Cara Hitung Pajak kos-kosan ?

Salam #MasBro #MbakBro

Cara Hitung Pajak kos-kosan ?Indekos ato biasanya disebut kos-kosan adalah tempat untuk menyewakan kamar dengan waktu tertentu. Biasanya kos-kosan ini disewakan pada pendatang dari luar daerah yang butuh tempat tinggal untuk waktu tertentu, contohnya seperti mahasiswa.

Cara Hitung Pajak kos-kossan

Mengitung pajak kos-kosan ini sesuai dengan jumlah kamar yang ada. Untuk jumlah kamar yang lebih dari 10 sesuai dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (UU PDRD) jumlah pajaknya sama dengan pajak hotel.

Baca Juga
Cara Ngitung Pajak Progresif Kendaraan Bermotor
Kewajiban Warga Negara Membayar Pajak

Sedangkan kos-kosan yang jumlah kamarnya kurang dari 10 akan dikenakan PPh sesuai dengan Pasal 4 ayat 2 bahwa penghasilan ato pendapatan dari transaksi maupun pengalihan aset dalam bentuk tanah ato bangunan, usaha jasa konstruksi, usaha real estate, dan sewa atas tanah ato bangunan termasuk ke dalam objek pajak. 

jika usaha indeks kosan 1 tahun tidak lebih dari 4,8 miliyar maka dikenakan pajak final

pajak indeks kos dikenakan tarikh di 1% dari total pendapatan yang diterima selama 1 bulan contoh hitung pajak indeks kos .

  • Contoh hitung pajak kos-kosan

Misalnya A memiliki usaha indeks kos di bogor sebanyak 7 kamar yang telah berisi penuh bayaran indeks kos masing-masing sebesar 800 ribu / kamar yang harus dibayarkan tiap bulannya di bulan november pemasukan kamar indekos kos sebesar 5,6 juta maka berapa besaran pajak yang harus disetorkan oleh A ? kita menggunakan tarikh sebesar 1% dari total pendapatan di terima selama 1 bulan sama dengan 56 ribu .

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Kesimpulan

Cara Hitung Pajak kos-kossan Indekos yang jumlah kamar yang lebih dari 10 sesuai dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (UU PDRD) jumlah pajaknya sama dengan pajak hotel. Sedangkan kos-kosan yang jumlah kamarnya kurang dari 10 akan dikenakan PPh sesuai dengan Pasal 4 ayat 2.

Punya pertanyaan tentang tulisan ini?
Silahkan komen dibawah ya.

Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya.

Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi.

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Terimakasih
hukumonline.com dan harmony.co.id dibuka pukul 13:27 WIB pada Hari Jumat tanggal 10 September 2021

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Kata kunci lain yang sering dicari…
Agustus, 2021, Agustus 2021,
tulisIN, hukumIN, hukumIN, hukum, menghakimiHUKUM
cara, hitung, pajak, indekos, kos kosan,

Comments

3 responses to “Cara Hitung Pajak kos-kossan”

  1. Dea Rista Aulia Avatar
    Dea Rista Aulia

    Ada caranya jg ya wkwk

  2. Luci Nabila Avatar
    Luci Nabila

    Sungguh bermanfaat 👍🏻

Leave a Reply