Mau Daftar Merek? Ikuti Panduan Dibawah Ini!

127x   0   02:27

   Cari kata KBBHukum lain?
1-9  A  B  C  D  E  F  G  H  I  J  K  L  M  N  O  P  Q  R  S  T  U  V  W  X  Y  Z

Mau Daftar Merek?, bagaimana langkah-langkah pendaftaran merek mulai dari awal hingga sampai dengan mendapatkan sertifikat merek?

Gimana sih proses mendaftarkan merek dari nol sampe sekarang?

Salam #MasBro #MbaBro

Hallo Everyone!
Haii,Bagaimana kabar hari ini semoga selalu sehat dan stay safe guys.

Pendaftaran Merek
Proses pendaftaran merek harus menyesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku yaitu sebagai berikut :

  1. Pemohon atau kuasanya dapat mengisi dan mendatangi formulir permohonan pendaftaran, malampirkan paling sedikit dokumen bukti pembayaran, surat pernyataan kepemilikan merek, lebel merek dan juga harus mengajukan ke Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (“Menkumham”).
  2. Permohonan pendaftaran merek telah diterima oleh Menkumham kemudian diperiksa formalitas kelengkapannya.
  3. Jika ada kekurangan kelengkapan persyaratan, tanggal penerimaan permohonan, pemohon ataupun kuasanya dapat diberi waktu untuk melengkapinya dengan jangka waktu 2 bulan sejak tanggal pengiriman surat pemberitahuannya untuk melengkapi persyaratannya.
  4. Jika tidak dilengkapi sampai dengan jangan yang telah ditentukan, permohonan dianggap ditarik kembali.
  5. Permohonan yang telah memenuhi persyaratan minimal diberikan tanggal penerimaan dalam waktu paling lama 15 hari kerja tanggal penerimaan, permohonan merek akan memasuki pengumuman dalam berita resmi.
  6. Permohonan merek memasuki tahap pengumuman selama 2 bulan, dan setiap pihak dapat mengajukan keberatan atau oposisi secara tertulis kepada Menkumham atas permohonan tersebut dan disertai dengan alasan yang jelas.
  7. Alasan tersebut merupakan merek yang dimohonkan pendaftarannya yaitu merek menurut UU MIG tidak didaftarkan ataupun harus ditolak. Dalam waktu 14 hari kerja sejak tanggal penerimaan keberatan, salinan keberatan dikirim ke pemohon ataupun kuasanya.
  8. Jika ada yang keberatan atau oposisi, maka pemohon ataupun kuasanya dapat berhak mengajukan sanggahan terhadap keberatan paling lama dengan jangka waktu 2 bukan sejak tanggal pengiriman salinan keberatan dari Menkumham.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Merek yang Tidak Dapat Didaftarkan ataupun Ditolak
Merek tidak dapat didaftarkan apabila :

  1. bertentangan pada ideologi negara, peraturan undang-undang, moralitas, agama, kesusilaan, dan ketertiban umum.
  2. sama dengan, berkaitan dengan, hanya menyebutkan barang atau jasa yang dimohon pendaftarannya.
  3. memuat unsur dapat menyesatkan masyarakat pada asal, kualitas, jenis. ukuran, macam. tujuan penggunaan barang dan jasa yang dimohonkan pendaftarannya merupakan nama varietas tanaman yang dilindungi untuk barang dan jasa.
  4. memuat keterangan yang tidak sesuai pada kualitas, manfaat, ataupun khasiat dari barang dan jasa yang sudah diproduksi.
  5. tidak mempunyai daya pembeda.
  6. merupakan nama umum dan lambang umum.
  7. mengandung bentuk yang sifatnya fungsional.

Baca Juga
Siapa Nih Yang Suka Minjem Barang Tanpa Ijin? Hati-hati Ada Hukumnya Lho
Aniaya Anak? Hukumnya Gimana?

Namun, permohonan merek ditolak jika :

  1. memiliki persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya.
  2. merem terdaftar milik pihak lain atau juga dimohon lebih dahulu oleh pihak lain untuk barang atau jasa sejenisnya.
  3. merek terkenal milik pihak lain untuk barang dan jasa.
  4. merem terkenal milik pihak lain untuk barang dan jasa tidak sejenis yang dapat memenuhi persyaratan tertentu atau indikasi geografis yang terdaftar.

Dalam buku Hukum Merek (Trademark Law) yang dimiliki Rahmi Jened dalam Era Global & Integrasi Ekonomi pada (hal. 94-106) menyatakan bahwa hal yang menjadi alasan merek tidak dapat didaftarkan sebagaimana telah dijelaskan di atas disebut dengan alasan absolut atau (absolute grounds).

Alasan absolut tidak diterima pendaftaran merek didasarkan dengan tolok ukur dan perspektif dari tanda tang digunakan sebagai merek secara absolut wajib memiliki daya pembeda, secara absolut tidak bertentangan pada perundang-undangan, moral agama dan juga ketertiban umum serta itikad yang baik.

Pemeriksaan Substantif Merek

Jika sudah selesai masa pengumuman, lalu dilakukan juga dengan pemeriksaan substantif dengan mempertimbangkan keberatan atau sanggahan yang telah diajukan.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Kesimpulan

Jadi jika kalian ingin mendaftarkan nama usaha dan merek kalian harus mengikuti panduannya. Dan juga nama usaha dan merek itu adalah dua hal yang berbeda dan memiliki panduannya masing-masing.

Dan jangan lupa juga untuk baca artikel lainnya di akun hukumIN
follow instagram : https://instagram.com/hukumin_?utm_medium=copy_link
Subscribe like & comment : https://www.youtube.com/channel/UCd2Yt9bfLA8V3UpdViXB06A
dapatkan info menarik disana.

Punya cerita tentang lagu ini?
Silahkan komen dibawah ya.

Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya.

Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi.

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Terimakasih
Diana Kusumasari, S.H., M.H, https://www.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/lt5e0dbb8ac5d27/mau-daftar-merek-ikuti-panduan-ini/

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Kata kunci lain yang sering dicari …
#SEO #usahaIN #ceritaIN #hukumIN #tulisIN, September 2021, September, 2021,
Daftar merek, Panduan daftar merek

Comments

7 responses to “Mau Daftar Merek? Ikuti Panduan Dibawah Ini!”

  1. Raffael Avatar
    Raffael

    Makasih kak mantap kumplit dan gampang dimengerti

  2. Farhazx Avatar
    Farhazx

    Guud makasih ya

  3. M alka Avatar
    M alka

    Yoiii akhirnya ngerti

  4. Luci Nabila Avatar
    Luci Nabila

    Terimakasih infonya🙏🏻

  5. Harrits syuja Avatar
    Harrits syuja

    Terima kasih infonya.

  6. Dini Avatar

Leave a Reply