Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

👁️0x   💬0 🕗01:27 menit

Salam #MasBro #MbakBro Salam kemerdekaan Republik Indonesia. Berikut Detik-detik Proklamasi Republik Indonesia.

Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia diawali dengan rapat pertemuan dengan tujuan membahas teks proklamasi yang dilaksanakan di rumah Laksamana Maeda. Perundingan dilakukan antara golongan muda dan golongan tua. Berlansung dari pukul 02.00 – 04.00 WIB sehari sebelum pembacaan teks proklamasi.

Teks Proklamasi disusun oleh Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dan Ahmad Soebarjo, yang terdiri dari dua kalimat ditulis oleh Ir. Soekarno. Kalimat pertama di kutip dari piagam Jakarta dan kemudian disempurnakan oleh Moh. Hatta dengan kalimat kedua.

Pada akhirnya naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia disepakati dan ditandatangani oleh Ir. Soekarno dan Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Yang Kemudian teks proklamasi tersebut diketik oleh Sayuti Melik.

Sesuai janjinya Ahmad Soebarjo pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta. Maka diadakannya upacara bendera dan pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia pada pukul 10.00 WIB.

Ir. Soekarno berpidato singkat dan mambacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia. Acara selanjutnya upacara pengibaran bendera sang merah putih oleh S. Suhud dan Latief Hendraningrat yang diiringi dengan lagu Indonesia Raya. Bendera tersebut dijahit oleh Fatmawati Soekarno

 

Comments

Leave a Reply