Kibarin Bendera Waktu Kemerdekaan? Wajib Gak Sih?

👁️0x   💬0 🕗00:00 menit

Chord | Judul
1-9   A   B   C   D   E   F   G   H   I   J   K   L   M   N   O   P   Q   R   S   T   U   V   W   X   Y  

Salam #MasBro #MbakBro

Wajib gak sih ngibarin bendera waktu Hari Kemerdekaan?
Gimana buat warga yang gak mampu beli bendera?
Ada sanksi gak kalo gak ngibarin bendera?

Hai kawanku semuanya, para #MasBro #MbakBro. 
Siapa yang antusias banget sama 17an sampe berburu bendera merah putihnya?

Setiap masyarakat Indonesia pastinya banyak banget yang antusias sampe banyak pedagang bendera dadakan karena banyak warga yang berburu bendera sang saka buat dikibarin di di rumahnya.

Bendera Negara wajib buat dikibarkan kalo ada peringatan Hari Kemerdekaan, yaitu tanggal 17 Agustus. Mulai dari rumah, transportasi umum, sampe transportasi pribadi di seluruh wilayah NKRI dan kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri. Ketentuan ini sesuai banget sama bunyi Pasal 7 ayat (3) dan (4) di Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 yang isinya tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Baca Juga : Begini Cara Online Pencatatan Hak Cipta Lagu

Buat warga yang gak mampu ngibarin, dapet sanksi gak ya?

Buat warga yang gak mampu buat beli benderanya, tenang aja, kalian gak akan dapet sanksi kok. Malah pemerintah daerah bakal ngasih bendera negara buat WNI yang gak mampu.

Tapi tetep aja, ada aturan yang ngatur caranya Bendera Negara dikibarin atau dipasang di tiang yang besar, tingginya juga harus seimbang sama ukuran bendera. Benderanya harus dipasang di tali yang diiket di sisi dalam kibaran Bendera Negara. Bunyinya ada di Pasal 13, ya.

Undang-Undang juga ngatur ukuran bendera, dimana warna merah sama putihnya berbentuk empat persegi panjang dengan lebar 2/3 dari panjangnya. Yang pasti warna merah buat di bagian atas, putihnya buat bagian bawah, dengan kedua bagian berukuran sama. Pastiin terbuat dari bahan yang gak luntur , ya.

Buat lebih detailnya, pasal 4 ayat (3) juga wantur ukuran bendera sesuai tempatnya. Undang-Undang ini juga berisi larangan waktu pengibaran, misalnya bendera gak boleh nyentuh tanah waktu mau dikibarin atau diturunin. Bendera juga gak dikibarin kalo rusak, kusut, robek, luntur, apalagi kusam. Kalo ngeyel tetap dikibarin juga, bisa kena ancaman pidana 1 tahun atau denda paling banyak Rp100 juta.

Justru kamu gak bakal dapet sanksi kalo gak ngibarin bendera waktu Hari Kemerdekaan.

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Dasar Hukum

Baca Juga : Daftar Merek Sampai Dapat Sertifikat? Begini Panduannya!

Kesimpulan

Pengibaran bendera waktu kemerdekaan ini emang wajib, tapi cuma buat kamu yang mampu buat beli bendera. 

Buat yang gak mampu beli bendera, ya gak usah maksain. Apalagi sampe nekat ngibarin bendera dengan kondisi yang udah masuk kena larangan, yang ada bisa dapet sanksi.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Baiklah kawanku #MasBro #MbakBro… Ayo yang punya bendera, atau biaya buat bendera, cepetan pasang! Hari Kemerdekaan makin mepet, loh.

Kalo gitu, kumau pamit dulu buat ngorek-ngorek lagi info tentang hukum yang siapa tau kalian belum tau.

Sampai jumpa!

Seneng bisa berbagi.

Pasti bermanfaat.

Terimakasih
hukumonline.com  dibuka pukul 20.00 WIB pada Hari Senin tanggal 16 Agustus 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
hukumIN, hukum, menghakimiHUKUM,Kibarin Bendera Waktu Kemerdekaan? Wajib Gak Sih?, bendera, kibarin, kemerdekaan, wajib, denda, sanksi, kibarin bendera, kemerdekaan indonesia, wajib kibarin bendera, wajib atau engga, 17an, 17 Agustus, WNI, bendera, tiang bendera, berkibar, larangan waktu pengibaran bendera, larangan, Kibarin Bendera Waktu Kemerdekaan, Wajib Gak Sih, dasar hukum, peraturan, undang-undang, pemerintah, tujuh belasan, Hari Kemerdekaan Indonesia, Bendera Merah Putih, 

Comments

Leave a Reply