Waspada! Kirim Screenshot Chat Whatsapp Bisa Masuk Penjara!

👁️0x   💬0 🕗00:00 menit

Chord | Judul
1-9   A   B   C   D   E   F   G   H   I   J   K   L   M   N   O   P   Q   R   S   T   U   V   W   X   Y  

Kebiasaan ngirim screenshot chat Whatsapp? Awas kena UU ITE lho!

Salam #MasBro #MbakBro

Hello Readers!!
Gimana kabarnya nih? Semoga sehat walafiat, aamiin. Kali ini kita bahasannya tentang kirim screenshot Whatsapp bisa melanggar UU ITE. Kalian udah tau? Atau belum? Kalo belum tau yu baca artikel ini biar paham ya!

Waspada! Kirim Screenshot Chat Whatsapp Bisa Masuk Penjara!

Banyak orang yang sering ngelakuin screenshot atau capture chat Whatsapp. Tapi mulai sekarang hentiin kebiasaan itu ya, kalian ga boleh sembarangan ngescreenshot percakapan, kecuali sama orang yang namanya ke screenshot udah ngizinin.

Nge-screenshot chating di Whatsapp terus dikirim ke orang lain itu merupakan kebiasaan yang simpel tapi bisa ngelanggar hukum.

Baca juga:
Ghibahib Orang Lewat Grup Chat Bisa dijerat Hukum Lho!

Ngelanggar atau enggaknya ini tergantung isi pesannya. Kalo di screenshot chating WhatsApp ada data pribadi dan tanpa izin, maka penyebar ngelanggar pasal 26 ayat 1 UU ITE (UU No. 19/2016 tentang Perubahan dari UU No. 11/2008 tentang ITE).

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Jadi kalo isi pesannya biasa, ga terlalu penting dan ga nyangkut nama baik atau data pribadi seseorang, screenshot itu bukanlah pelanggaran tapi cuma chating biasa.

Tapi beda ceritanya, kalo screenshot nya itu chatingan penting kaya perjanjian atau digunakan buat manfaatin kesempatan yang menyebabkan pertikaian, itu semua termasuk mencemarkan nama baik yang bisa diproses secara hukum karena termasuk ngelanggar UU ITE.

 

 

Nah kalo disebarinnya ke grup chat Whatsapp, itu tergantung kesepakatan anggota grup ya, kalo grupnya dinyatain publik, semua anggotanya bisa nyebarin informasi dan ga bisa dikenain UU ITE.

Jadi kalo orang yang datanya kesebar ngerasa dirugiin, maka dia bisa minta ganti rugi lewat jalur pengadilan perdata, yang penting punya bukti cukup kuat bahwa data pribadi disebarluasin atau disalahgunain tanpa izin darinya.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Kesimpulan

Kalo nge screenshot atau capture chat Whatsapp yang ada data pribadi dan tanpa izin terus disebarluasin, maka penyebar itu bisa ngelanggar pasal 26 ayat 1 UU ITE (UU No. 19/2016 tentang Perubahan UU No. 11/2008 tentang ITE).

Alhamdulillah
Akhirnya selesai ya.

Masih ada hal yang belum kita bahas ya?
Nah ada yang mau request bahas hukum negara yang mana lagi nih?
Silahkan untuk dikomen dibawah ya!

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Terimakasih
https://kominfo.go.id/content/detail/13465/benarkah-kirim-screenshot-pesan-whatsapp-melanggar-uu-ite/0/sorotan_media dibuka pada 13.15 WIB hari Sabtu, 21 Agustus 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
hukumIN, hukum, menghakimiHUKUM, chat Whatsapp, Whatsapp, Screenshot whatsapp, langgar UU ITE, Kirim Screenshot Whatsapp Langgar UU ITE, SS chat Whatsapp,

Comments

Leave a Reply