Mantan Pacar Minta Balikin Pemberiannya? Ternyata Ada Hukumannya Lho!

👁️0x   💬0 🕗00:00 menit

Chord | Judul
1-9   A   B   C   D   E   F   G   H   I   J   K   L   M   N   O   P   Q   R   S   T   U   V   W   X   Y  

Pacar pernah ngasih sesuatu? Tapi pas jadi mantan barangnya minta dibalikin?

Salam #MasBro #MbakBro

Hello Readers!!
Apa kabar nih kalian? Semoga selalu keadaan sehat walafiat ya, aamiin. Kali ini kita bakal bahas tentang mantan yang minta balikin pemberiannya ternyata ada hukumnya. Kalian udah tau tentang itu? Atau belum? Kalo belum, mari baca artikel berikut ya!

Mantan Pacar Minta Balikin Pemberiannya? Ternyata Ada Hukumannya Lho!

Pacar pasti sering memberikan sesuatu karena adanya rasa sayang. Tapi kalo udah putus, pasti rasa sayangnya ilang, dan sampe-sampe barang yang dikasih waktu pacaran minta dibalikin.

Kalo sesuatu yang diterima buat pemberian/hibah, maka kalian adalah pemilik sepenuhnya. Sesuai ketentuan Pasal 1666 KUH Perdata.

Menurut Prof. Subekti, S.H., suatu perjanjian, pemberian (schenking) itu ngikat dan gabisa dicabut lagi gitu aja menurut kehendak satu pihak.

  • Pasal 1687 KUHPer pemberianbarang bergerak kaya baju, sepatu, cincin, dan jam tangan serta piutang berupa surat bawa itu sah penyerahan gitu aja.
  • Sedangkan, menurut Pasal 1682 KUHPer pemberian barang ga bergerak dan hak piutang atas nama harus dilakuin sama akta notaris.

Baca juga:
Viralin Hutang Orang? Awas!! Kena Tindak Pidana Lho!

Selain hal tadi, Subekti juga kalo biar bisa dibilang suatu pemberian perbuatan itu harus bertujuan ngasih suatu hadiah belaka, jadi gaboleh ada keharusan atau ikatan walaupun cuma naturlijke verbitenis.

Jadi, secara hukum mantan pacar gapunya hak buat narik lagi semua barang yang pernah dikasih, kecuali MbakBro setuju buat ngembaliin barang itu.

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

 

Tapi secara moral dan kepatutan itu ga pantes narik lagi barang yang udah dikasih ke orang lain.

Tapi di sisi lain, mantan pacar MbaBro bisa aja ga ngakuin udah ngasih barang-barang itu ke MbaBro sebagai hadiah. Karena biasanya kalo ngasih gitu diucapin secara lisan aja, gaada bukti tertulis.

Nah jagi mantan pacar MbaBro bisa bilang kalo dus cuma minjemin barang-barang itu, dan sekarang dia pengen mintanya barang itu balik, dan bisa aja nggugat MbaBro ke pengadilan.

Selengkapnya:
https://www.instagram.com/reel/CTCVt_Yh8vO/?utm_medium=copy_link

 

Jadi MbaBro harus nyiapinbukti-bukti buat pengedukung sesuai Pasal 164 HIR jo. Pasal 1866 KUHPerdata).

Nah, kalo MbaBro ngerasa terancam dan ketakutan atas ancaman yang dilakuin, MbaBro bisa ngelaporin ke polisi karena tuduhan perbuatan yang ga nyenengin.

Nah, jadi mantan MbaBro bisa dijerat Pasal 335 ayat 1 KUHP dan diancem pidana penjara paling lama satu tahun atau denda paling banyak Rp 4,5 juta.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Kesimpulan

Pacar suka ngasih sesuatu sebagai bentuk kasih sayang, tapi kalo udah putus bisa aja minta dibalikin. Nah, pemberian itu jadi milik sepenuhnya, mantan pacar gapunya hak buat narik lagi semua itu dan secara moral, itu ga pantes.

Alhamdulillah
Akhirnya selesai ya.

Masih ada hal yang belum kita bahas ya?
Nah ada yang mau request bahas hukum negara yang mana lagi nih?
Silahkan untuk dikomen dibawah ya!

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Terimakasih
hukumonline.com dibuka pada 15.00 WIB hari Kamis, 26 Agustus 2021

Kata kunci lain yang sering dicari..
hukumIN, hukum, menghakimiHUKUM, mantan pacar, mantan minta balikin pemberiannya, minta mantan balikin pemberian, pemberian mantan, pemberian mantan pacar, hukum jika mantan minta balikin pemberian, pemberian mantan pacar, balikin pemberian mantan,

Comments

One response to “Mantan Pacar Minta Balikin Pemberiannya? Ternyata Ada Hukumannya Lho!”

  1. Melani Retno Cahyani Avatar
    Melani Retno Cahyani

    Bisa nih buat ngegugat mantan gw klo minta balikin barangnya🤣

Leave a Reply