Apa Sih Pengertian Pengantar Ilmu Hukum?

👁️18.821x   💬0   🕗07:00

Cari kata KBBDigital lain! 1-9   A   B   C   D   E   F   G   H   I   J   K   L   M   N   O   P   Q   R   S   T   U   V   W   X   Y   Z

Apa sih pengertian Pengantar Ilmu Hukum?

Salam #MasBro #MbakBro

Belajar ilmu pengetahuan itu ga bisa langsung jadi. Ibarat meniti tangga, setiap langkah yang kita lakukan merupakan tahapan untuk bisa lebih memahami dan mengerti tentang keilmuan yang dituju. Hal ini juga berlaku bagi Ilmu Hukum. Harus diawali dengan sebuah pengantar yang akan membawa kita untuk bisa lebih memahami disiplin ilmu ini.

Sebelum mendalami ilmu hukum adalah perbedaan antara Pengantar Ilmu Hukum (PIH) dan Pengantar Hukum Indonesia (PHI). Setiap yang belajar ilmu hukum harus bisa membedakan apa itu PIH dan PHI. Jangan sampe tertukar, karna keduanya punya objek yang berbeda.

Nah, sebelum ngelangkah lebih jauh lagi Mas Bro dan Mbak Bro mengenai perbedaan PIH dan PHI ada baiknya memahami dulu pengertian keduanya. Memahami pengertian PIH dan PHI bakal menjadi dasar untuk bisa mengerti perbedaan di antara keduanya.

Baca Juga
Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Peristiwa Hukum?

Apa Sih Pengertian dan Perbedaan Pengantar Ilmu Hukum dan Pengantar Hukum Indonesia? - jasahukumsurabaya.blogspot.co.id
Sumber Gambar jasahukumsurabaya.blogspot.co.id

Apa Sih Pengertian Pengantar Ilmu Hukum?

Istilah Pengantar Ilmu Hukum mulai dipake di Indonesia bersamaan dengan lahirnya Universitas Gajah Mada Yogyakarta pada 13 Maret 1946. Sementara istilah PIH sendiri merupakan terjemahan dari bahasa Belanda “Inleiding tot de Rechtswetenschap”. Istilah dalam bahasa Belanda ini udah mulai digunakan sejak berdirinya Rechts Hoge School pada 1942 di Jakarta.

1. Etimologi

Pengantar Ilmu Hukum terbagi dalam dua bagian. Yaitu pengantar dan ilmu hukum. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengantar adalah pandangan umum secara ringkas sebagai pendahuluan. Sementara Ilmu Hukum yaitu pengetahuan yang khusus mengajarkan perihal hukum dan semua seluk beluk yang berkaitan di dalamnya.

2. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pengantar Ilmu Hukum adalah ilmu pengetahuan yang memperkenalkan hukum secara garis besar. PIH menjadi semacam penunjuk jalan ke arah cabang-cabang ilmu hukum. PIH memberikan pandangan ringkas mengenai kedudukan Ilmu Hukum di samping ilmu pengetahuan lain dan menjelaskan soal asas dan penggolongan Ilmu Hukum.

Kuliah hukum? Lulusan hukum?
Menulis cuma jadi hobi doang?
Ayo berkarya dengan menulis.
Yuk mulai #hidupdariKARYA

3. Menurut Ahli Hukum

Di sisi lain, pengertian Pengantar Ilmu Hukum menurut ahli sampe saat ini punya pandangan yang berbeda. Meski demikian, selalu ada irisan di antara pengertian Ilmu Hukum oleh para ahli. Berikut beberapa pengertian Pengantar Ilmu Hukum menurut ahli:

a. Sudarsosno
Pengantar Ilmu Hukum berkaitan dengan pokok, keadaan, prinsip, tujuan, dan maksud dari hukum yang paling mendasar. Serta tata hubungan antara bagian yang paling mendasar dengan hukum sebagai ilmu pengetahuan.

b. JB Daliyo
Ilmu hukum adalah ilmu pengetahuan dengan hukum sebagai objek. Maka ilmu hukum bakal pelajarin semua hal terkait seluk beluk hukum. Misalnya mulai dari asal mula, sistem, wujud, sumber-sumber, perkembangan, asas-asas, macam pembagian, fungsi, dan kedudukan hukum dalam masyarakat.

c. Satjipto Rahardjo
Ilmu hukum adalah ilmu yang mencakup dan bicarain segala hal yang berhubungan dengan hukum buat memperoleh pengetahuan tentang segala hal tentang hukum.

Secara umum jenis pengantar Ilmu Hukum terbagi ke dalam 2 bagian yaitu
1. Hukum Pidana.
a. Mengatur hubungan dalam masyarakat.
b. Hanya bisa diterapkan bila masyarakat memang membutuhkannya.
2. Hukum Perdata.
a. Mengatur hubungan antara subjek hukum dalam sebuah hubungan keluarga dan masyarakat.
b. Menyangkut seluruh kaidah hukum tertulis maupun ga tertullis.

Setelah mengetahui pengertian dari Pengantar Ilmu Hukum, kini saatnya Mas Bro dan Mbak Bro mengetahui tujuan Pengantar Ilmu Hukum itu sendiri. Karna tanpa mengetahui tujuan dari PIH maka kita juga ga akan sempurna dalam mempelajarinya.

Bisa dibilang PIH adalah pondasi untuk mempelajari lebih lanjut tentang ilmu hukum. Tanpa mempelajari pondasi ini, mustahil Mas Bro dan Mbak Bro akan mampu memahami ilmu hukum secara benar.

Karna itu tujuan Pengantar Ilmu Hukum adalah menjelaskan mengenai keadaan, inti, dan maksud dari bagian penting hukum. Termasuk hubungan antara bagian-bagian tersebut dengan ilmu hukum itu sendiri. Sedangkan manfaat Pengantar Ilmu Hukum yaitu untuk bisa memahami bagian-bagian ato jenis-jenis ilmu hukum.

Dengan mempelajari Pengantar Ilmu Hukum kita akan punya gambaran apa aja unsur yang ada di dalam Ilmu Hukum. Pada dasarnya hukum adalah kumpulan peraturan, baik tertulis maupun ga tertulis, yang bisa berupa larangan ato perintah yang bersifat mengikat dan memaksa masyarakat ato individu.

Karna bersifat mengikat maka ada sanksi bagi mereka yang melanggar. Sanksi ini diberikan kepada individu ato masyarakat melalui sebuah lembaga yang berada di bawah kendali penguasa.

Namun demikian keberadaan hukum sebenarnya untuk memberi rasa keadilan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat bisa merasakan suasana yang damai, adil, dan penuh kebahagiaan. Sudah tentu dengan kondisi ini akan tercipta masyarakat yang produktif dan sejahtera.

Baca Juga
Apa Sih Itu Pengertian Hukum Pidana?

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Mencari uang receh sampe ke dalam saku
Menyeberangi kali Ciliwung pake sampan
Pahami dan dalami Ilmu Hukum yang berlaku
Agar hidup lebih jelas arah dan tujuan

Sumber Tulisan
Adrianus Eryan. 2013. Catatan Pengantar Ilmu Hukum bem.law.ui.ac.id akses pukul 14:35 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Agung Gumelar. 2013. Pengantar Ilmu Hukum acceleneun.blogspot.co.id
Tim kekitaan. 2015. Perbedaan PIH dan PHI kekitaan.com akses pukul 13:05 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Umar Said. 2012. Pengantar Hukum Indonesia usaidsugiharto.blogspot.co.id  akses pukul 16:01 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Yhuel. 2016. Pengantar Ilmu Hukum kuliahhukum.com akses pukul 13:05 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017

Sumber Gambar
hukumonline.com akses pukul 22:01 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
jasahukumsurabaya.blogspot.co.id akses pukul 22:55 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
lbhmawarsaron.or.id akses pukul 22:25 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
slideshare.net akses pukul 22:40 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Kata kunci lain yang sering dicari…
Pengertian Pengantar Ilmu Hukum, Pengantar Ilmu Hukum, Ilmu Hukum,

Comments

5 responses to “Apa Sih Pengertian Pengantar Ilmu Hukum?”

  1. rinjani melda Avatar

    skrang saya paham perbedaan phi dan pih yang mendasar. terima kasih admin

    1. kita Avatar
      kita

      Salam Mbak Bro Rinjani Melda

      Wah, senang bisa membantu Mbak Bro.
      Kira-kira ada lagi yang masih bingung Mbak Bro?

      Mauliate
      Makasih

  2. Dian Avatar
    Dian

    pagi admin, mau tanya apa contoh dari pernyataan hukum indonesia baik dari hukum pidana, hukum perdata, dan hukum adat

    1. kita Avatar
      kita

      Salam Mbak Bro Dian

      Ini contoh pernyataan hukum untuk hal apa dulu nih?
      Biar kita ga salah kasih masukan.

      mauliate
      makasih

Leave a Reply