Bansos Kena Korupsi? Ini Potensi Terjadinya Korupsi pada Bansos

👁️00x   💬0 🕗00:00 menit

Chord | Judul
1-9   A   B   C   D   E   F   G   H   I   J   K   L   M   N   O   P   Q   R   S   T   U   V   W   X   Y  

Apa aja sih risiko potensi terjadinya korupsi Bansos?

Salam #MasBro #MbakBro

Sejak adanya Wabah Covid-19 perekonomian Indonesia menurun drastis. Pemerintah memberikan bantuan sosial (bansos) dengan tujuan untuk meringankan ekonomi masyarakat yang terkena pandemi.

Karena itu, biar ga terjadi penyalah gunaan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggambarkan resiko apa yang bisa terjadi terkait dengan bansos.

Bansos Kena Korupsi? Ini Potensi Terjadinya Korupsi pada Bansos

Hal yang Berpotensi Terjadi Kerawanan saat Penyaluran Bansos

Penerima Bantuan yang Fiktif (Ga Ada)

Resiko korupsi menurut KPK kalo penerima bantuan ga sesuai sama Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sehingga bisa terjadi penerimaan ganda karena ga bisa langsung diidentifikasi. Supaya ga terjadi, maka harus dipastikan semua data ada NIK-nya.

Baca Juga
Mangkir Bayar Utang Bisa dipidana?

Ga ada Pembaharuan Data Penerima Bansos

Karena NIK-nya ga diperbahaarui, jadi bantuannya salah sasaran. NIK yang ga di update, pada saat bantuannya datang, orangnya ga ada, sehingga jadi salah sasaran.

Barang Ga Sesuai yang diinginkan

Kalo bansos diberikan dalam bentuk paket, seperti kasus dulu. Ada aja masalah kekurangan dari segi kualitas dan kuantitas. Jadi, sekarang penerimaan bansos dalam bentuk tunai.

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Pemotongan Bantuan Langsung Tunai

Ada aja orang yang mengambil hak orang lain dengan alasan uang transportasi. Kalo uang kamu kepotong, bisa melapor pada JAGA.ID.

Disaat ekonomi sedang turun dan krisis, banyak orang-orang yang berpikir untuk korupsi, itu sama aja dengan mengambil hak orang lain.

Supaya peristiwa ini ga terjadi lagi, perlu adanya pengawasan ketat dan tegas. Serta untuk menimalisir risiko penelewangan, mengubah penyaluran bansos dari bentuk barang ke bentuk uang cash. Dengan mengubah ke bentuk uang cash, penyaluran bisa lebih dipertanggungjawabkan.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Kesimpulan

Pandemi Covid-19 ini mengakibatkan perekonomian Indonesia menurun sehingga pemerintah memberikan bantuan sosial untuk masyarakat. Tapi, saat penyalurannya sering berpotensi terjadi korupsi. Menyebabkan kerawanan seperti penerima bantuan ga sesuai, data bansos ga diperbaharui, barang ga sesuai, pemotongan bantuan langsung tunai.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Terimakasih
hukumonline.com dibuka pukul 13:36 WIB pada Hari Rabu tanggal 25 Agustus 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
hukum, hukumIN, menghakimiHUKUM, Potensi Terjadinya Korupsi pada Bansos, korupsi bansos, bansos, bantuan sosial, bansos tunai,

Comments

Leave a Reply