Dapet SMS Berhadiah? Awas Penipuan! Ini Hukumnya!

👁️00x   💬0 🕗00:00 menit

Chord | Judul
1-9   A   B   C   D   E   F   G   H   I   J   K   L   M   N   O   P   Q   R   S   T   U   V   W   X   Y  

Sering dapet SMS berhadiah? Tapi itu penipuan? Terus hukumannya apa?

Salam #MasBro #MbakBro

Hello Readers!!
Gimana kabarnya nih Masbro? Semoga sehat walafiat selalu ya, aamiin. Kali ini kita mau bahas tentang penipuan SMS berhadiah dan hukumannya. MasBro udah tau? Atau belum tentang itu? Kalo belum, ayo baca artikel ini biar paham ya!

Dapet SMS Berhadiah? Awas Penipuan! Ini Hukumnya!

Sekarang ini banyak banget terjadi modus phising atau penipuan online. Phising ini biasanya dilakukin lewat ngirim SMS dengan iming-iming hadiah langsung atau undian gratis berhadiah.

Nah kalo hal itu dilakukin sama Penyelenggara Jasa Penyediaan Konten sesuai Pasal 13 dan 14 Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No 9 Tahun 2017 mengenai Penyelenggaraan Jasa Penyediaan Konten Pada Jaringan Bergerak Seluler (Permenkominfo 9/2017).

Baca Juga

Body Shaming Termasuk Tindak Pidana atau Tidak?

Nan Penyelenggara jaringan dan Penyelenggara Jasa Penyediaan Konten wajib ngelakuin perlindungan Pengguna terhadap:
1. Gangguan privasi
2. Penawaran yang ngeganggu
3. Kejahatan dan penipuan lewat jaringan telekomunikasi
4. Tagihan pemakaian yang ga wajar

Pengguna boleh ngajuin ganti rugi ke Penyelenggara Jasa Penyediaan Konten atau penyelenggara jaringan karena nimbulin kerugian yang disebabkan kesalahan yang dilakuinnya.

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Tapi kalo pelaku penipuan yang dilakuin lewat SMS adalah sesama pengguna dan pengguna suka pake nama atau ngatasnamain operator seluler atau bank tanpa diketahui dari pihak itu, maka Masbro bisa ngacu kepada Pasal 378 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Nah kalo ngelanggar ketentuan Pasal 378 KUHP, maka pelaku bisa dijerat tindakan penipuan dengan pidana penjara.

Nah biar terhindar dari penipuan lewat SMS ini, kita harus upaya dengan cara:

A. Buat pihak operator atau bank biar nasabah nya ga ketipu yaitu:

  1. Ngasih pengumuman dengan luas tentang modus-modus penipuan lewat SMS yang ngatasnamain mereka.
  2. Wajib bantuin polisi dalam ngusut pelaku penipuan lewat SMS.

B. Buat MasBro nya sendiri, sebagai nasabah yaitu:

  1. Teliti pengirim pesan
  2. Perhatiin tautan yang dikasih
  3. Waspada terhadap bentuk permintaan informasi pribadi dan biaya
  4. Hubungin pihak penyelenggara

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Kesimpulan

Hukuman penipuan lewat SMS tergantung pelakunya, Penyelenggara Jasa Penyediaan Konten atau sesama Pengguna. Adanya ini nimbulin kerugian ke pengguna, jadi pelaku bisa dijerat tindakan penipuan dengan pidana penjara. Nah sebagai pengguna, kita harus lebih teliti dan waspada terhadap bentuk permintaan informasi pribadi dan biaya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Terimakasih
hukumonline.com dan cnnindonesia.com dibuka pukul 08:01 WIB pada Hari Jumat tanggal 03 September 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
hukum, hukumIN, menghakimiHUKUM, SMS Berhadiah, Penipuan Lewat SMS, Penipu SMS Berhadiah, Penipu SMS, Penipuan Berhadia di SMS, SMS Berhadiah, Penipu lewat SMS,


Comments

One response to “Dapet SMS Berhadiah? Awas Penipuan! Ini Hukumnya!”

Leave a Reply