LAWYER TAK HARUS TUKANG DEBAT

LAWYER TAK HARUS TUKANG DEBAT

Padahal sering orang berpikir, bahwa seorang lawyer itu adalah tukang debat yang ulung, tak mau kalah dan lain sebagainya. Oh belum tentu, memang sebagai lawyer, kita dituntut untuk mampu berbicara baik terhadap klien maupun kepada lawan. Namun bukan berarti hal tersebut langsung disebut pandai berdebat. Kita hanya perlu meyakinkan klien maupun lawan dengan pendapat kita didukung dengan dasar yang kuat.

Gue gak bilang bahwa berdebat itu tidak penting, atau sebuah pekerjaan yang sia-sia. Selama berdebatnya dengan bukti dan dasar hukum yang valid, silahkan berdebat dengan smart. Namun hal yang sering terjadi di lapangan, banyak orang suka berdebat tanpa dasar. Hingga berujung pada debat kusir, yang hanya ingin menang sendiri meskipun tak ada dasar hukumnya. Tentunya sebagai seorang lawyer yang smart, akan menghindari hal yang demikian. Seringkali pula, debat bukan karena siapa yang punya pendapat paling benar, tapi siapa yang paling ngotot dan paling superior.

Jadi orang-orang tak perlu lagi mengatakan, “Iya lah, lawyer pintar debat.” atau, “Gue mau jadi lawyer, tapi gak pintar berdebat.”

Gue sudah menekuni profesi lawyer kurang lebih 4,5 tahun, selama itu pula, gue selalu menghindari debat, apalagi dalam forum-forum diskusi ilmiah. Gue lebih suka dengan sistem diskusi panel yang menurut gue lebih terarah dan sebisa mungkin jauh dari debat kusir.

Jadi sebisa mungkin gue selalu menghindari obrolan yang mengarah pada debat kusir. Gue lebih memilih diam dan mendengar daripada terjun dalam perdebatan yang tak ada habisnya. Dan satu lagi, gue suka dan memegang kata-kata dari George Bernard Shaw, seorang ekonom Irlandia. Dia pernah berkata, “Never wrestle with pigs. You both get dirty and the pig likes it.” Yang artinya, Jangan bergumul dengan babi. Kau akan kotor dan babi menyukainya.

Sekian tentang LAWYER TAK HARUS TUKANG DEBAT.

Terima kasih.

Thestresslawyer.com


Terbit

dalam

oleh

Comments

Tinggalkan Balasan