Ungkap Rahasia Alur Sidang Perdata

Ga cuma Pengacara ato anak hukum aja yang boleh tau alur sidang. Digital marketer, writer, ato apapun profesimu juga bisa.

  • Gugatan/Permohonan

Pertama kali kamu ngajuin gugatan, di pengadilan tingkat pertama. Biasanya di PN ato kalo PA.

Yang harus kamu siapin kalo mau ngajuin gugatan/permohonan:

– surat gugatan/permohonan

– surat kuasa khusus & fotokopi advokat (kalo dikuasakan ke kuasa hukum)

– setor panjar biaya perkara sekaligus kasih bukti pembayarannya

Alur sidang gugatan

Mediasi – pembacaan gugatan/permohonan – jawaban tergugat/termohon – replik – duplik – pembuktian – kesimpulan – Musyawarah Majelis – Putusan

  • Banding

Kalo kamu ga puas sama hasil putusan pertama, kamu bisa ngajuin banding, tapi ada syaratnya.

Syaratnya, kamu ga boleh ngajuin banding lebih dari 14 hari. 14 hari itu terhitung sejak 1 hari setelah pembacaan putusan pertama.

Sama kayak gugatan/permohonan, kamu harus setor panjar biaya perkara dan buktinya.

Habis itu, kamu bakalan dapet akta pernyataan banding buat ditandatangani.

Kamu bisa ngajuin dokumen memori banding. Termohon banding juga bisa ngajuin kontra memori banding.

Kalo udah, kamu tinggal tunggu putusan dari Pengadilan Tinggi lewat relaas.

  • Kasasi

Kalo menurutmu masih belum puas sama putusan hakim di upaya banding, bisa ajuin lagi di kasasi. Syarat hari pengajuan, biaya panjar, sama kayak banding.

Habis itu, kamu bakalan dapet akta pernyataan kasasi buat ditandatangani.

Kamu wajib ngajuin memori kasasi. Waktunya ga boleh lebih dari 14 hari terhitung sejak 1 hari setelah pernyataan kasasi. Kalo kamu jadi termohon, ngasih kontra memori kasasi adalah opsional.

Kamu boleh review berkas perkara sebelum berkasnya dikirim ke Mahkamah Agung sama Petugas.

Kalo udah, kamu tinggal tunggu putusan dari Mahkamah Agung lewat relaas.

  • Peninjauan Kembali

PK diajuin kalo udah ada upaya Kasasi. PK diajuin dalam waktu 180 hari. Syarat ngajuin PK:

– Putusan didasarkan suatu kebohongan ato tipu muslihat pihak lawan yang bukti buktinya dinyatakan palsu sama hakim pidana

– Ditemukan surat2 bukti baru yang bersifat menentukan

–  Putusan hakim, bukan suatu yang dituntut ato lebih dari yang dituntut

– ada kekhilafan hakim ato ada kekeliruan yang nyata

PK juga harus bayar panjar sama kayak upaya hukum lainnya.

Habis itu, kamu bakalan dapet akta pernyataan PK buat ditandatangani.

Permohonan dan alasan2 PK bakalan dikasih ke Termohon PK lewat Jurusita/Jurusita Pengganti. Nanti Termohon boleh ngajuin jawaban/tanggapan dari alasan2 PK itu. Maksimal 30 hari setelah Termohon nerima alasan2 PK.

Kalo udah, kamu tinggal tunggu putusan dari Mahkamah agung lewat relaas.

Sekarang udah tau kan sidang perkara perdata kayak gimana?

Temen2 Pengacara boleh banget…

…CeritaIN di kolom komentar ya


Terbit

dalam

oleh

Tags:

Comments

Leave a Reply