3++ Masalah Sidang di Indonesia

Apapun yang ada di dunia ini ga ada yang sempurna…

…tapi bukan berarti berhenti dan ga berusaha memperbaiki ketidaksempurnaan itu. Termasuk persidangan di Indonesia.

Apa aja masalah sidang yang harus diperbaiki ya?

Menurutku, seenggaknya ada 3 hal

  • Ga Ontime, Sidang Molor

Bukan lagi rahasia umum, agenda persidangan acapkali mundur dari jadwal yang semula ditetapkan. Tak tanggung-tanggung, jadwal sidang yang mestinya dimulai pagi hari, ternyata baru berhasil digelar jelang matahari terbenam. Dan satu hal yang menyedihkan, kenyataan tersebut ternyata masih terjadi hampir di setiap pengadilan

Molornya jam sidang akhirnya menjadi pemandangan lumrah di seluruh pengadilan negeri di Jakarta. Akibat molornya jam sidang, puluhan janji masyarakat terbengkelai. Padahal, pengadilan berprinsip sederhana, cepat dan biaya ringan menjadi tak terpenuhi.

  • Overwork dilaur jam kerja,

Permasalahan sidang di Indonesia sering kali terdapat kendala penjadwalan (baik karena sidang atau rapat pengadilan) yang dapat mengakibatkan jam kerja yang panjang atau tidak dapat diprediksi.

  • Nunggu jadwal yang ga pasti

ketepatan waktu masih belum terselesaikan. Contohnya, seringkali seseorang yang dipanggil sebagai saksi dalam sidang harus menunggu lama tanpa kepastian, kapan sidang tersebut dimulai. Hal tersebut menyebabkan ketidaktepatan jadwal sidang.

Kedepannya mudah-mudahan bisa diperbaiki. Biar sesuai sama prinsip persidangan.

Ada masalah sidang yang pernah kau alami?

ceritaIN di kolom komentar ya


Terbit

dalam

oleh

Tags:

Comments

Leave a Reply