Belanja Online? Begini Biar Gak Kena Tipu!

👁️0x   💬0 🕗00:00 menit

Chord | Judul
1-9   A   B   C   D   E   F   G   H   I   J   K   L   M   N   O   P   Q   R   S   T   U   V   W   X   Y  

Salam #MasBro #MbakBro

Belanja online biar gak kena tipu gimana?
Ada cara atau tips nya gak?

Hai kawanku semuanya, para #MasBro #MbakBro. 
Siapa nih yang udah rencana buat belanja online?

Belanja online sekarang ini menjadi pilihan banyak orang, karena segala kemudahan yang ditawarkan. Bahkan marketplace, e-commerce, hingga online shop semakin menjamur di seluruh dunia. 

Karena banyak yang tergiur dengan belanja online, tidak sedikit oknum yang memanfaatkan hal ini untuk mengambil keuntungan sepihak melalui penipuan. 

Baca Juga : Begini Cara Online Pencatatan Hak Cipta Lagu

Penipuan di jual beli online sebenarnya udah gak jarang lagi kejadian, apalagi gara-gara kurangnya waspada dan ketelitian konsumen saat milih lapak atau penjual.

Ini tipsnya biar kamu kamu gak kena penipuan waktu jual beli online.

  1. Situs website terpercaya

    Selain cek situs websitenya, cek juga kalo tokonya tersedia di marketplace atau e-commerce resmi, soalnya bisa juga kena penipuan meski tokonya keliatan meyakinkan. Belanja online lewat marketplace atau e-commerce yang trusted alias terpercaya bisa ningkatin kredibilitas si penjual, penggunaannya juga lebih aman.
    Jadi, kalo ada hal yang gak berkenan, konsumen bisa laporin langsung pengelola situs buat ditindaklanjuti. 

  1. Reputasi penjual atau toko online

    Tingginya nilai reputasi penjual dan tokonya bakal ditandain sama simbol khusus berdasarkan penilaian kepuasan pelanggan. Bisa cek di besaran angka rating, badge emas atau gold badge, sampe rating kecepatan seller dalam ngerespon chat pelanggan.

  1. Ulasan produk dari pembeli

    Pilih produk yang ulasannya positif dan memuaskan. Makin banyak ulasan baik dan positifnya, maka makin bagus kualitas produk.

  1. Tersedia metode bayar Cash on Delivery (COD)

    COD ini bisa jadi solusi buat kamu yang punya prinsip “ada barang: ada uang” buat memperkecil penipuan yang dilakuin sama para penjual licik. Barang akan dikirim lebih dulu ke tempat konsumen, baru deh konsumen bayar ke kurir kalo udah keliatan bentukan barang yang dibelinya.
    Tapi gak semua toko nyediain sistem pembayaran jenis ini, gak perlu takut buat tetap beli kalo bener-bener trusted, kamu bisa transfer buat beli barang dari toko onlinenya.

  1. Jangan tergoda harga yang murah banget

    Gak ada yang bisa jamin harga yang miring dari harga pasaran merupakan tipuan belaka, apalagi kalo jualnya di medsos dengan pilihan sistem bayar transfer langsung. 

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Kesimpulan

Tips di atas bisa kamu lakuin kalo kamu mau belanja online.

Jangan lupa juga buat selalu teliti sebelum putusin buat beli produk dari toko online. 

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Baiklah kawanku #MasBro #MbakBro… semoga tips di atas bisa bantu kawan-kawan semua buat belanja online yang aman.

Kalo gitu, kumau pamit dulu buat ngorek-ngorek lagi info tentang hukum yang siapa tau kalian belum tau.

Sampai jumpa!

Seneng bisa berbagi.

Pasti bermanfaat.

Terimakasih
Firstmedia.com Ensiklopedia Hukum dibuka pukul 19.39 WIB pada Hari Jumat tanggal 20 Agustus 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
hukumIN, hukum, menghakimiHUKUM, Belanja Online? Begini Biar Gak Kena Tipu!,belanja,online,tipu,penipuan, tips, cara, belanja online, online shopping, kena tipu, tips hindari penipuan, e-commerce, situs website terpercaya, resmi, penjual, pengguna, reputasi penjual, reputasi toko, rating, metode bayar, COD, konsumen, kurir, transfer, jangan tergoda, tergoda, harga, murah, 

Comments

Leave a Reply