Gimana Caranya Hindari Kekerasan Seksual Online untuk Kaum Wanita?

👁️00x   💬0 🕗00:00 menit

Chord | Judul
1-9   A   B   C   D   E   F   G   H   I   J   K   L   M   N   O   P   Q   R   S   T   U   V   W   X   Y  

Media sosial memiliki peran penting dalam kehidupan ini, tapi gimana kalo media tersebut di pakai untuk kekerasan seksual secara online?

Salam #MasBro #MbakBro

Saat menggunakan media sosial, kamu harus sadar kalo sebenernya kamu lagi berbagi ruang  dengan orang lain, lebih tepatnya mereka mengetahui sebagian tentang aktivitas kamu.

Gimana Caranya Hindari Kekerasan Seksual Online untuk Kaum Wanita?

Etika positif dalam berinternet menjadi cara supaya ruang digital tetep sehat, kesadaran ini harus dimiliki setiap orang dengan memahami pengetahuan tentang digital. Tapi, saat ini banyak yang menggunakan media social dan berdampak negatif kepada kelangsungan manusia, apalago pada kaum wanita.

Contoh kekerasan berbasis gender seperti, kasus perundungan, kekerasan hingga pelecehan seksual kepada kaum wanita saat ini banyak ditemukan di berbagai platform media sosial. Lebih mirisnya lagi, perilaku ini bisa di saksikan oleh seluruh kalangan usia, dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

Baca Juga
Pencemaran Nama Baik Lewat Media Sosial, Apa Hukumnya?

Angka kekerasan online pada kaum wanita lewat media sosial meningkat sejak pandemi Covid-19. Terbatasnya aktivitas diluar saat ini membuat orang-orang memilih untuk bermain media social.

Kata Chicha Zaitun Elisabeth, Mitra Koneksi, dalam webinar KONEKSI “Take Action against Stigma and Gender Bias” mengatakan bahwa Kekerasan gender ato seksual secara online pada dasarnya sama dengan kekerasan fisik. Bedanya kekerasan ini difasilitasi teknologi. Karna adanya pandemi orang lebih banyak pakai teknologi sehingga banyak terjadi kekerasan berbasis gender secara online.

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Untuk mengantisipasi terjadinya kekerasan berbasis gender secara online, kaum wanita harus tau dan menerapkan hal ini yaitu:

  1. Memisahkan akun pribadi dan akun publik.
  2. Cek dan atur ulang pengaturan privasi.
  3. Ciptakan password yang kuat dan vertifikasi login.
  4. Jangan sembarangan mempercayakan akun pribadi kepada aplikasi pihak ketiga.
  5. Hindari berbagi waktu pada waktu yang nyata.
  6. Jaga kerahasiaan pin ato password pada ponsel ato alat teknologi lainnya.

Semoga kamu bisa memahami apa saja yang harus diketahui saat bermain sosial media agar ga terjadi pelecehan.

Untuk menanggulangi pelecehan ato kekerasan seksual yang makin marak di ranah media sosial ini, kini korban pun bisa melapor dan mendapatkan pendampingan.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Kesimpulan

Media sosial saat ini menjadi media yang banyak digunakan oleh orang karena kemudahannya. Selain memberi kemudahan, media social juga memberikan dampak negative. Sebenernya, saat kamu menggunakan media social, kamu lagi berbagi ruang sama orang lain. Banyak kejahatan-kejahatan yang terjadi, terutama pada kaum Wanita.

Untuk mengantisipasi terjadinya kejahatan itu kamu bisa memisahkan akun pribadi dan akun public, selalu mencek dan mengatur ulang pengaturan privasi, membuat password yang kuat, ga sembarangan percaya, menghindari berbagi waktu yang nyata, serta menjaga kerahasiaan password. Lebih bijak dan lebih hati-hati lagi saat bermain media sosial!

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Terimakasih
hukumonline.com dan industry.co.id dibuka pukul 14:50 WIB pada Hari Selasa tanggal 31 Agustus 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
hukum, hukumIN, menghakimiHUKUM, Kekerasan Seksual Online, Kekerasan Seksual, Kekerasan Seksual Online untuk Wanita, Cara Hindari Kekerasan Seksual Online untuk Kaum Wanita, Kekerasan Seksual Online pada Kaum Wanita, 

Comments

Leave a Reply