Pengen Daftarin Merek? Tapi Bingung? Ini Dia Caranya!

👁️0x   💬0 🕗00:00 menit

Chord | Judul
1-9   A   B   C   D   E   F   G   H   I   J   K   L   M   N   O   P   Q   R   S   T   U   V   W   X   Y  

Kalian ingin daftarin dari nol sampai selesai? Tapi gatau caranya?

Salam #MasBro #MbakBro

Merek merupakan salah satu ciri khas atau branding dari suatu perusahaan untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat. Oleh karena itu merek sangat penting dan tidak diakui oleh pesaing.

Nah kalo ingin daftarin merek bisa daftar ke kantor Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual atau kunjungi website https://merek.dgip.go.id/.

Agar merek dapat diterbitkan, harus melewati beberapa proses, yaitu;

2. Proses pendaftaran
Menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku proses pendaftaran:

  • Pemohon ngajuin formulir permohonan pendaftaran ke Menkumham.
  • Setelah diterima Menkumham, permohonannya diperiksa kelengkapannya.
  • Pemohon dikasih waktu 2 bulan buat ngelengkapin persyaratan.
  • Permohonan dianggap ditarik kalo persyaratan ga dilengkapin.
  • Permohonan yang udah memenuhi persyaratan minimal, dikasih tanggal penerimaan dalam waktu maksimal 15 hari kerja.
  • Permohonan masuk tahap pengumuman di berita resmi merek selama 2 bulan, dan setiap pihak bisa ngajuin keberatan ke Menkumham.
  • Kalo ada keberatan, pemohon boleh ngajuin sanggahan, paling lama 2 bulan.

2. Pemeriksaan Substantif Merek
Kalo masa pengumuman selesai, dilakuinlah pemeriksaan substantif dengan mempertimbangkan keberatan ato sanggahan yang diajukin.

Pemeriksaan substantif dilakuin, kalo:
1. Gak ada keberatan, mulai dilakukin abis masa pengumuman.
2. Ada keberatan, mulai dilakuin maks. 30 hari kerja dari selesainya waktu penyampaian sanggahan.

Baca Juga
Sah Kah Suatu Perjanjian Apabila Dibuat Tanpa Meterai?

Hasil pemeriksaan substantif, yaitu:
1. Permohonan merek bisa didaftarin
Menkumham bakal daftarin mendaftarkan dan menerbitin sertifikat mereknya.
2. Permohonan ditolak atau ga bisa didaftar, Menkumham bakal nyampein ke pemohon dengan menyebutin alasannya.

Tapi kalau permohonannya ditolak ada caranya agar permohonannya belum tentu ditolak yaitu:
1. Ngajuin tanggapan tertulis (alasannya) dalam jangka waktu 30 hari. Dari tanggapan itu akan ada dua kemungkinan yang terjadi yaitu: tanggapannya diterima atau tanggapannya ditolak.
2. Ngajuin banding ke Komisi Banding Merek dalam waktu 90 hari. Terus pemeriksa mutusin buat ngabulin permohonan banding, atau nolak permohonan banding.

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Nih guys alasan yang bisa menyebabkan merek gak bisa di daftarin ato ditolak dan permohonan ditolak.

1. Merek gak bisa didaftarkan ato ditolak karena:
• Bertentangan sama ideologi, peraturan UU, moral, agama, kesusilaan, ato ketertiban.
• Nyebut barang ato jasa yang dimohon pendaftarannya aja.
• Ada unsur yang bisa menyesatkan masyarakat.
• Ada keterangan yang ga sesuai kualitas, manfaat, atau khasiat.
• Ga punya daya pembeda.
• Nama ato lambang umum.
• Ada bentuk yang bersifat fungsional.

2. Permohonan merek ditolak, karena:
• Punya kesamaan sama merek punya orang lain atau dimohonkan duluan sama orang lain.
• Permohonan merek hampir sema ato tiruan nama (singkatan) orang terkenal, foto, nama badan hukum, bendera, lambang ato tanda dari negara, ato lembaga nasional/internasional.
• Pemohon beriktikad tidak baik.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Kesimpulan

Merek adalah ciri khas atau branding dari suatu usaha, merek juga penting biar produk atau usaha kita ga diambil sama pesaing. Kalo mau daftarin merek harus merhatiin cara-caranya, dan hal-hal yang bisa menyebabkan merek tersebut ditolak. Jadi kalo mau daftar ga ada kemungkinan merek itu ditolak.

Alhamdulillah
Akhirnya selesai ya.

Masih ada hal yang belum kita bahas ya?
Nah ada yang mau request bahas hukum negara yang mana lagi nih?
Silahkan untuk dikomen dibawah ya!

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Terimakasih
Hukumonline.com dibuka pada 15.00 WIB hari Jumat, 6 Agustus 2021

canva.com dibuka pada pukul 15.20 WIB hari Jumat, 6 Agustus 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
hukumIN, hukum, menghakimiHUKUM, daftar merek, cara daftar, cara daftarin merek, branding, merek, cara daftar merek usaha, 


Terbit

dalam

oleh

Tags:

Comments

Leave a Reply