Punya Usaha Kos-kosan? Bingung Hitung Pajaknya? Gini Caranya!

👁️0x   💬0 🕗00:00 menit

Chord | Judul
1-9   A   B   C   D   E   F   G   H   I   J   K   L   M   N   O   P   Q   R   S   T   U   V   W   X   Y  

Kalian punya uaha kos-kosan? tapi bingung ngitung pajaknya?

Salam #MasBro #MbakBro

Hello Readers!!
Apa kabar nih? Semoga selalu sehat walafiat, aamiin. Kalian ada yang tau kita mau bahas apa? Ya! Sesuai judul kita bakal bahas cara ngitung pajak buat kos-kosan? Ayo yang binggung ngitungnya, sekarang akhiri binggungnya dengan membaca artikel ini sampe selesai ya guys!

Punya Usaha Kos-kosan? Bingung Hitung Pajaknya? Gini Caranya!

Kos-kosan/indekos adalah usaha jasa yang nawarin kamar atau tempat tinggal dengan jumlah pembayaran tertentu buat waktu tertentu.

Harus diingat kalo pemilik usaha kos-kosan tetep dikenai pembayaran pajak, tapi jenis pajaknya tergantung jumlah kamar yang sewain.

  • Kalo kamarnya lebih dari 10 digolongin sebagai hotel sesuai Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 mengenai Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (UU PDRD) jadi karena itu dikenain pajak hotel yang merupakan pajak kabupaten/kota.
  • Kalo kamarnya kurang dari 10, dikenain pajak penghasilan bersifat final atau PPh Final.

Wajib pajak yang punya peredaran bruto tertentu yang dikenai PPh final merupakan:
1. Wajib pajak orang pribadi
2. Wajib pajak badan bentuk koperasi, persekutuan komanditer, firma, atau perseroan terbatas, yang dapet penghasilan dengan peredaran bruto ga lebih dari Rp4.8 miliar per 1 tahun.

Baca juga:
Cara Ngurus Sertifikat Tanah Warisan

Jumlah bruto yang dimaksud yaitu semua jumlah yang dibayarin atau diakui sebagai utang sama penyewa dengan nama dan dalam bentuk apapun, berkaitan sama tempat yang disewa, biaya perawatan, pemeliharaan, keamanan, layanan, dan biaya fasilitas lain.

Kalo yang ga termasuk penghasilan dari penyewaan kos-kosan dan ga dikenai PPh final adalah penghasilan yang diterima dari jasa pelayanan penginapan dan akomodasinya.

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Jadi, kalo usaha kos-kosan dapet omzet selama 1 tahun ga lebih dari 4.8 miliar, dikenain PPh Final yang tarifnya berbeda setiap jenis penghasilannya. Kalo pajak kos-kosan, dikenain tarif 1% dari total pendapatan yang selama 1 bulan.

Tapi kalo jumlah kamar kos-kosan yang ada udah 10 kamar atau lebih, maka dikenain pajak hotel (pajak daerah).

Jadi harus diperhatiin sama penyewa kamar kos-kosan jika kos-kosannya udah masuk kategori objek pajak daerah, jadi penyewa kamar indekos ga dibolehin lagi motong PPh Final.

Biar lebih paham kita kasih contoh cara ngitung pajak kos-kosan ya.
Nina punya usaha kos-kosan 7 kamar yang terisi penuh di Bogor. Pembayaran per kamar Rp.800.000/bulan.
Pada bulan November, pemasukan sewa kamarnya adalah Rp.5.6 juta, maka pajak yang harus dibayar yaitu 1% dari total pendapatan 1 bulan, jadi pajak yang harus dibayar/PPh finalnya adalah 1%×Rp.5.6 juta=Rp.56.000

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Kesimpulan

Kos-kosan adalah usaha berupa jasa menawarkan sebuah kamar atau tempat tinggal dengan sejumlah pembayaran disetiap waktu yang telah disepakati.

Pemilik usaha kos-kosan tetep dikenai pajak, tapi jenis pajaknya tergantung jumlah kamar yang disewain. Penyewa juga harus merhatiin kalo kos-kosannya udah masuk kategori objek pajak daerah atau tidak.

Alhamdulillah
Akhirnya selesai ya.

Masih ada hal yang belum kita bahas ya?
Nah ada yang mau request bahas hukum negara yang mana lagi nih?
Silahkan untuk dikomen dibawah ya!

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Terimakasih
Ikatan Kuasa Hukum dan Advokat Pajak Indonesia (IKHAPI) https://www.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/lt5fb3bf843e3d0/begini-cara-menghitung-besaran-pajak-indekos/ dibuka pada 13.20 WIB hari Sabtu, 14 Agustus 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
hukumIN, hukum, menghakimiHUKUM, pajak, pajak indekos, pajak kos-kosan, hitung pajak kos-kosan, cara hitung pajak indekos, cara menghitung pajak kos-kosan, cara menghitung pajak, cara menghitung pajak indekos,


Terbit

dalam

oleh

Tags:

Comments

Leave a Reply