10++ Masalah Hukum Perusahaan Kalo Ga Update Peraturan

Apa aja Masalah Hukum Perusahaan Kalo Ga Update Peraturan?

Beberapa hari lalu ada temen yang konsultasi.
Dia ceritaIN kalo diminta atasannya buatin Peraturan Perusahaan (PP).

Sebagai sesama lulusan hukum dia tentu buat yang ideal dong.
Sesuai aturan hukum yang berlaku.

Tapi masalahnya, dia “diminta” untuk ga ngikutin aturan.
Karna costnya akan mahal.

Hmm …
Gimana menurut mu

Tau ga?
Kalo perusahaan ga update sama aturan berlaku akan ada banyak masalah.
Bukan cuma urusan peraturan perusahaan doang.

Kalo masalah timbul, bisa ngerugiin perusahaan mu.
Bahkan lebih daripada cost awal tadi.

Data Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia per 2021, ada 1.054 Kasus Perselisihan Hubungan Industrial. Itu baru dari 5 provinsi doang. Gimana kalo 38 provinsi?

Kita coba kumpulin nih…

10++ Masalah Perusahaan Kalo Ga Update Peraturan

Apa aja itu?

Baca sampe akhir ya, karna masalah hukum perusahaan pengaruhi reputasi. Khususnya yang sudah IPO.

Saham emiten properti PT Intiland Development Tbk (DILD) melemah sesi I Kamis 22 Desember 2022 lalu. Saat ada isu bahwa PTnya ada masalah sengketa tanah.

  1. Ga Sesuai Hukum
    Pertama …
    Hukum dan peraturan pemerintah terus berubah. Kalo perusahaan mu ga update peraturannya sesuai dengan perubahan hukum, mereka bisa melanggar hukum yang berlaku.
  2. Risiko Hukum
    Kalo perusahaan mu ga ikutin peraturan yang berlaku, bisa berisiko dapat tuntutan hukum, denda, atau sanksi lainnya.
  3. Ketidakpuasan Karyawan
    Kalo peraturan perusahaan ga update untuk mencerminkan perubahan dalam lingkungan kerja atau kebijakan yang adil, ini bisa menyebabkan ketidakpuasan di kalangan karyawan.
  4. Prosedur Ga Jelas
    Kalo peraturan perusahaan ga update, prosedur kerja yang harusnya berubah mungkin ga akan diterapkan secara konsisten, menyebabkan kebingungan dan ketidakjelasan di antara karyawan.
  5. Keselamatan dan Kesehatan Kerja
    Peraturan yang ga update mungkin ga mencerminkan standar keselamatan dan kesehatan kerja yang baru, jadi risiko kecelakaan atau penyakit di tempat kerja bisa naik.
  6. Ga mampu Bersaing
    Perusahaan yang ga mengikuti perkembangan industri atau ga memperbarui kebijakan, mungkin ketinggalan dan ga bisa bersaing sama pesaing yang lain yang lebih adaptif.
  7. Ga Mampu Mengelola Perubahan
    Tanpa peraturan yang relevan, perusahaan mungkin kesulitan mengelola perubahan organisasi, seperti restrukturisasi atau pengurangan karyawan.
  8. Ga Mampu nanggapi Tantangan Pasar
    Tanpa kebijakan yang memungkinkan fleksibilitas, perusahaan mungkin sulit menanggapi perubahan pasar atau peluang bisnis baru.
  9. Ga Mampu Penuhi Harapan Pelanggan
    Kalo perusahaan ga update kebijakan terkait pelayanan pelanggan atau produk, ini bisa menyebabkan ketidakpuasan pelanggan.
  10. Pengaruh Reputasi
    Terakhir …
    Perusahaan yang ga ikuti perkembangan sosial dan etika mungkin menghadapi tekanan dari masyarakat atau konsumen, yang bisa merusak reputasi mereka.
    Contoh:
    • Saham PT Intiland Development Tbk (DILD) melemah pada 22 Desember 2022 lalu.
      Karna adanya laporan polisi Nomor: LP/B/5626/XI/2022/SPKT/POLDA METRO JAYA tanggal 3 November 2022.
      Suhendro Prabowo (Wakil Direktur Utama) dan Richard S Hartono terlapor tuduhan tindak pidana Penipuan dan/atau Penggelapan dan/atau Menyuruh Menempatkan Keterangan Palsu ke Akta Otentik.

Perusahaan mu pernah alami kasus apa?
Ato sedang alami kasus apa?

Konsultan Hukum

Cari solusi?

Schedule A Meeting

Penting untuk terus memantau update aturan hukum terkait lingkungan bisnis, dan norma sosial dengan teratur biar tetap relevan dan patuh dengan peraturan yang berlaku.

Gimana Perusahaan mu sudah update belum?
ceritaIN di kolom komentar ya!

Your problem solved with this content?
Please komen dan share ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

obrolan kita kali ini udah terbit di linkedIN dan IG ya.

Sumber
Chandra Dwi. 2022. Saham Lo Kheng Hong DILD Turun, Karena Bos Dipolisikan?. kita baca pukul 11:27 WIB pada hari Jumat, 06 Oktober 2023. cnbcindonesia.com/research/20221222091321-128-399120/saham-lo-kheng-hong-dild-turun-karena-bos-dipolisikan


Terbit

dalam

oleh

Comments

Leave a Reply