Pinjaman Online Lebih Diminati Orang, Ga Masalah Tah?

Kalo lagi nonton Youtube, pernah muncul iklan pinjaman online ga?

Kalo iya, artinya kita sama. Belakangan kalo aku nonton Youtube, beberapa kali muncul iklan pinjaman olnline. Nama usaha nya pun beda2.

Dari yang aku tangkap, kalo udah banyak iklan pinjol gini, bisa jadi di pasar emang udah banyak demand nya.

Faktor terbesar orang2 pinjam uang ke pinjol adalah KEMUDAHAN. Itu juga jadi alasan kenapa orang2 ga milih pinjam di Koperasi ato Bank. Kalo pinjam di Koperasi ato Bank, banyak proses administrasi yang harus kita lewati.

Banyaknya pinjol ini menurutku fenomena. Banyaknya jasa pinjol ini sejalan sama naiknya gaya hidup orang Indonesia. Orang2 pinjam uang bukan karena kebutuhan, tapi keinginan.

Demi memenuhi ekspektasi orang kebanyakan, orang2 rela ngutang lewat pinjol, tanpa perhitungan. Parahnya lagi, pinnjamnya ke pinjol Ilegal.

Emang ga masalah tah?

Ada 2 masalah besar yang berhadapan sama “pinjaman online”?

Pertama adalah masalah hukum dan kedua masalah “personal branding”.

Masalah Hukum

Mari kita mulai masalahnya dari sisi hukum. Dalam masalah hukum ini juga ada 2 permalahan.

1. Minim Perlindungan Hukum

Pertama, pinjaman online belum tentu legal dan diawasi oleh OJK. Jadi, kalo ada wanprestasi ato persoalan hukum lain antara kamu dengan pinjol tersebut, akan lebih sulit ditangani dibandingkan dengan pinjaman online yang memang legal dan diawasi oleh OJK.

2. Data Pribadi Rentan Tersebar

Kedua, banyak kasus yang ngeluh data pribadi nya tersebar setelah ikutan pinjol. Dari total 3.903 aduan soal pinjol ke OJK sejak Januari – Mei 2023, mayoritasnya aduan penyebaran data pribadi.

Masalah ‘Personal Branding’

Pada permasalahan ini juga ada 2 masalah utama.

1. Masuk Blacklist

Pertama, kalo pinjam uang ke pinjol ilegal dan kamu ga sanggup bayar, risikonya kamu bakalan masuk blacklist. Personal branding mu di mata lembaga keuangan rusak Dampaknya, kalo kamu mau pinjam uang di lembaga keuangan lain, kamu akan kesulitan.

2. Dihantui Debt Collector

Kedua, debt collector bisa aja nagih ga cuma ke rumah, tapi juga via MedSos dengan berbagai cara dan ancaman. Potensi untuk dipermalukan di depan publik MedSos itu ada. Tujuannya cuma satu, untuk nagih utang mu.

Punya masalah pinjaman online?
Silahkan klik tombol WA di pojok kanan dibawah ya.

tulisan ini udah kita terbitin di linkedin


Terbit

dalam

oleh

Comments

Leave a Reply