NDA M&A

Non Disclosure Agreement Merger and Acquisition (NDA M&A) adalah perjanjian menjaga rahasia suatu informasi dalam proses merger & akuisisi (M&A) antara para pihak yaitu calon penjual dan pembeli.

Merger and Acquisition (M&A)

Merger and Acquisition (M&A) adalah istilah bisnis yang umum: gambarin konsolidasi perusahaan/aset melalui berbagai jenis transaksi keuangan, seperti:

  1. merger,
  2. akuisisi,
  3. konsolidasi,
  4. penawaran tender,
  5. pembelian aset, dan
  6. akuisisi manajemen.

Meskipun sering dianggap sama: Merger & Acquisition/Akuisisi tuh pengertiannya berbeda.

Merger adalah ketika 2 perusahaan (biasanya ukurannya sama) mutusin buat bergabung jadi 1. Lalu membentuk entiti yang baru dan ga ngandalin pihak masing-masing lagi.

Acquisition adalah ketika 1 perusahaan yang lebih besar beli perusahaan yang lebih kecil. Laku secara otomatis jadi pemilik perusahaan yang dibeli tadi.

Jenis Merger and Acquisition (M&A)

  1. Merger
    Setelah direksi dari kedua perusahaan mutusin buat bergabung dengan persetujuan stakeholder.
    Contoh:
    Perusahaan Gojek & Tokopedia yang bergabung jadi GoTo Group, tapi tetap pertahanin perusahaannya masing-masing.

  2. Acquisition
    Suatu perusahaan beli sebagian besar kepemilikan sebuah perusahaan yang lebih kecil, tapi ga ngubah elemen maupun struktur perusahaan yang dibeli.
    Contoh:
    The Walt Disney Company akuisisi Marvel Entertainment dan 21st Century Fox.

  3. Consolidations
    Suatu perusahaan baru tercipta dengan gabungin bisnis inti & ninggalin struktur perusahaan lama. Stakeholder kedua perusahaan harus setuju konsolidasi, & setelah setuju, nerima saham ekuitas biasa di perusahaan baru. Contoh:
    Tahun 1998, Citicorp dan Travelers Insurance Group mengumumkan konsolidasi, yang menghasilkan Citigroup

  4. Tender Offers
    Suatu perusahaan nawarin membeli saham dari perusahaan lain dengan harga tertentu daripada harga pasar. Perusahaan yang akuisisi lalu komunikasiin penawaran secara langsung kepada pemegang saham perusahaan lain, melewati manajemen dan dewan direksi. Contoh:
    Johnson & Johnson yang melakukan tender offer kepada Omrix Biopharmaceuticals seharga $438 juta.

  5. Acquisitions of Assets
    Satu perusahaan langsung akuisisi aset perusahaan lain. Perusahaan yang akan mendapat akuisisi aset harus dapat persetujuan dulu dari stakeholder.
    Jenis M&A ini biasanya terjadi saat suatu perusahaan ngalami kebangkrutan, dimana perusahaan lain nawar aset-aset dari perusahaan yang bangkrut, yang kemudian mendapatkan likuidasi saat transfer akhir aset ke perusahaan yang mengakuisisi.

  6. Management Acquisitions
    Saat eksekutif 1 perusahaan beli saham pengendali di perusahaan lain, lalu jadiinnya perusahaan pribadi. Mantan eksekutif ini biasa bermitra dengan pemodal atau mantan pejabat perusahaan supaya membantu mendanai transaksi.
    Transaksi M&A ini biasanya dibiayai secara ga proporsional dengan utang, & mayoritas pemegang saham harus setujui.
    Contoh:
    Tahun 2013, Dell Corporation ngumumin bahwa ia diakuisisi oleh pendirinya, Michael Dell.

Apakah penjelasan nya cukup jelas?

Informasi lebih lengkap tentang contohjenis, dan isinya apa? Silahkan baca NDA.

Perusahaanmu butuh NDA M&A?
Klik tombol WA pada pojok kanbhivestamaan bawah ya.

Tim hukumIN akan dengan seneng hati membantu.

Sumber:
bhivestama. 2023. Non-disclosure agreement. kita baca pukul 15:21 WIB, Jumat, 15 September 2023.
bhivestama.com/single-post/2016/08/14/non-disclosure-agreement
tokopedia. 2023. Merger and Acquisition (M&A). kita baca pukul 15:21 WIB, Jumat, 15 September 2023.
bhivestama.com/single-post/2016/08/14/non-disclosure-agreement


Terbit

dalam

oleh

Tags:

Comments

Leave a Reply