Non Disclosure Agreement Adalah

Non Disclosure Agreement (NDA) adalah perjanjian hukum yang penggunaannya melindungi informasi rahasia/properti intelektual dari penyebaran yang tidak sah.

NDA dalam bahasa Indonesia nama lainnya adalah Perjanjian Pengungkapan Informasi Terbatas.

NDA biasanya penggunaannya dalam situasi: 1 pihak mau bagiin informasi rahasia ke pihak lain … tapi mau mastiin bahwa pihak lain tersebut ga akan ungkapin informasi tersebut kepada pihak 3 ato pake untuk keuntungan pribadi tanpa izin.

Para Pihak?

Dalam NDA ada beberapa pihak yaitu:

  1. Pihak Penerima/Penandatangan Kedua
    Pihak yang menerima informasi rahasia.
  2. Pihak Pengungkap/Penandatangan Pertama
    Pihak yang mengungkapkan informasi.

Isi?

Non Disclosure Agreement isinya tentang elemen penting, yaitu:

  1. Definisi Informasi Rahasia
    NDA akan mendefinisikan jelas “apa” informasi rahasianya. Ini dapat mencakup data bisnis, rencana produk, formula, kode sumber, desain, informasi pelanggan, atau apa pun yang dianggap rahasia oleh pihak pengungkap.

  2. Kewajiban Kerahasiaan
    NDA menentukan kewajiban pihak penerima untuk menjaga kerahasiaan informasi rahasia dan untuk tidak mengungkapkannya kepada pihak ketiga.

  3. Batasan Pengungkapan
    NDA dapat menetapkan batasan tentang siapa yang dapat mengakses informasi rahasianya, penggunaan informasi tersebut, dan konteks pengungkapkannya.

  4. Durasi
    NDA biasanya memiliki durasi tertentu, yaitu berapa lama kewajiban kerahasiaan akan berlaku. Setelah periode tertentu, pihak penerima mungkin tidak lagi terikat oleh NDA.

  5. Sanksi dan Konsekuensi
    NDA biasanya mencakup ketentuan tentang sanksi atau konsekuensi jika pihak penerima melanggar perjanjian, termasuk kemungkinan tuntutan hukum atau ganti rugi.

Penggunaan NDA sangat umum dalam berbagai situasi bisnis, seperti saat negosiasi merger dan akuisisi, kerjasama bisnis, pengembangan produk, dan sebagainya.

Tujuannya adalah untuk melindungi kepentingan dan informasi rahasia pihak yang mengungkapkan informasi, serta untuk menciptakan dasar hukum bagi penegakan hak cipta dan perlindungan informasi penting.

Selengkapnya tentang contoh, jenis, dan isinya apa? Silahkan baca NDA.

Perusahaanmu butuh Non Disclosure Agreement?
Klik tombol WA pada pojok kanan bawah ya.

Tim hukumIN akan dengan seneng hati membantu.

Sumber:
wikipedia. 2023. Non-disclosure agreement. kita baca pukul 12:27 WIB, Rabu, 13 September 2023.
en.wikipedia.org/wiki/Non-disclosure_agreement


Terbit

dalam

oleh

Comments

Leave a Reply