Oper Kredit Rumah? Begini yang Aman

Chord | Judul
1-9   A   B   C   D   E   F   G   H   I   J   K   L   M   N   O   P   Q   R   S   T   U   V   W   X   Y  

Halo #MasBro #MbakBro

Merujuk pada Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 mengenai Perumahan dan Kawasan Pemukiman, pemilikan rumah dapat difasilitasi dengan KPR yang dapat dibebani Hak Tanggungan.

  • Sistem Kredit

Oper kredit harus ada pengajuan kredit baru untuk penggantian debitur di bank. Pembayaran atas pengikatan kredit baru ini dihitung dari sisa outstanding pinjaman jika pengajuan kredit disetujui bank.

Baca Juga : Pengganti Sertifikat Tanah Yang Hilang

Pencoretan (roya) Hak Tanggungan agar dapat dilakukan jual beli melalui pembuatan Akta Jual Beli antara debitur lama dan debitur baru, dan rumah diikat kembali dengan Surat Kuasa Membebankan Hak Tanggungan (“SKMHT”) dan Akta Pemberian Hak Tanggungan (“APHT”).

Pembuatan APHT dilakukan untuk pemberian Hak Tanggungan oleh PPAT. Buat SKHMT jika kamu menunjuk pihak lain sebagai kuasanya.

Hak Tanggungan hapus karena:
a) utang hapus yang dijamin Hak Tanggungan
b) Hak Tanggungan dilepas oleh pemegang
c) Pembersihan hak tanggungan oleh Ketua Pengadilan Negeri
d) Hapusnya hak tanah yang dibebani Hak Tanggungan.
Kemudian, Kantor Pertahanan mencoret catatan Hak Tanggungan.

  • Bagaimana jika Tanpa Sepengatahuan Pihak Bank?

Timbullah risiko, di mana jika terjadi kredit macet, maka nama debitur lama masih terdaftar di bank. Sehingga kedudukan debitur baru menjadi tidak jelas berdasarkan oper kredit yang sudah dilakukan.

Kondisi ini dapat menyebabkan kedudukan debitur baru menjadi tidak aman karena kondisi rumah masih dalam penguasaan bank sebagai objek jaminan KPR.

Walaupun debitur baru sudah melunasi pembelian rumah kepada debitur lama, jika debitur lama tidak melunasinya sesuai perjanjian KPR kepada bank, maka bank dapat mengeksekusi rumahnya.

Baca Juga : Begini Cara Dapatkan Bantuan Hukum dari Posbakum

Laporkan oper kredit ke bank dengan mekanisme penggantian debitur melalui bank secara resmi.

Ada fakta-fakta oper kredit rumah yang belum masuk ya?
Udah
pernah cari ulasannya ga?
Coba cari di website ini?
Kalo belum ada, silahkan daftar disini.
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Check sound…
#MasBro #MbakBro, siapa disini yang penasaran tentang oper kredit rumah ?

Jangan lupa absen di komen ya!

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis chord / lirik lagunya.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
Hukumonline.com dibuka pukul 19.40 WIB pada hari Rabu tanggal 4 Agustus 2021

Kata kunci lain yang sering dicari …
hukumIN, hukum, menghakimiHUKUM, oper kredit rumah, oper, kredit, rumah, aman, KPR, sistem kredit, bank, SKMHT, APHT, PPAT, hak tanggungan hapus karena, tanpa sepengetahuan pihak bank, 

Comments

Leave a Reply