Siapa saja yang boleh mendirikan PT hukumIN-karya kekitaan - karya selesaiin masalah

Siapa Saja yang Boleh Mendirikan PT?

Mau punya usaha?
Ato udah punya dan mau tau pembuatan PT?
udah tau belum siapa saja yang boleh mendirikan PT?

Salam #MasBro #MbakBro

Obrolan kita kali ini adalah bagian dari 101++ pertanyaan tentang Pembuatan PT↗️.

3 pertanyaan diawal tadi sedang menjadi masalahmu?
Silahkan berkunjung langsung ya: 101++ Pembuatan PT↗️. Masalah mu akan selesai.

Mari kita mulai…

Perseroan Terbatas yang sering disingkat PT adalah sebuah bentuk badan usaha. Dalam peraturan sering disebut juga sebagai perseroan.

Disini kita sebut PT aja ya, biar gampang.

Siapa “Orang” yang Boleh Mendirikan PT di Indonesia?

Ada 2 tipe “orang” yang bisa mendirikan PT di Indonesia, yaitu:

1 Orang

Jadi pendirian PT bisa dilakukan oleh 1 orang sebagai Pemegang saham sekaligus Direktur.

Ini sesuai dengan dasarnya hukumnya Pasal 1 Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2021 Tentang Modal Dasar Perseroan Serta Pendaftaran Pendirian, Perubahan, dan Pembubaran Perseroan Yang Memenuhi Kriteria Untuk Usaha Mikro dan Kecil (PP No 8 Tahun 2021).

2 Orang/Lebih

PT yang didirikan 2 orang ato lebih. Sering disebut PT biasa.

Jadi buat yang pernah bertanya “Apakah PT juga bisa membuat PT lain?”. Jawabannya ga bisa.

Kesimpulan:

Jadi dari penjelasan diatas, kita bisa ambil kesimpulan.

“Siapa saja yang boleh mendirikan PT?” adalah 2 tipe orang yaitu:

  • PT yang cukup didirikan oleh 1 orang.
    • Dulu ini ga ada, sekarang bisa setelah Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja).
  • PT yang didirikan 2 orang ato lebih.
    • Sering disebut PT biasa.

Konsultan Hukum

Cari solusi?

Schedule A Meeting

FAQ

Berikut adalah Fertanyaan Aku paling sering ditanyaQin, yaitu:

  1. Bolehkah PT didirikan hanya oleh 1 orang saja?
  2. Apa saja syarat pendirian PT?
  3. Kenapa mendirikan PT harus 2 orang?
  4. Apakah PT bisa berisi lebih dari satu orang kepemilikan?
  5. Pemilik PT di sebut apa?
  6. Pertanyaan mu disini.

Pertanyaan-pertanyaan diatas akan kita jawab di obrolan selanjutnya ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Terimakasih
Easybiz. 2021. Syarat Pendirian PT Pasca UU Cipta Kerja. hukumonline.com/klinik/a/syarat-pendirian-pt-pasca-uu-cipta-kerja/ kita baca pukul 17:27 WIB pada hari Senin, 25 Maret 2024.
Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 21 Tahun 2021 tentang Syarat dan Tata Cara Pendaftaran Pendirian, Perubahan, dan Pembubaran Badan Hukum Perseroan Terbatas.


Terbit

dalam

oleh

Comments

Leave a Reply