Uang Arisan Online Ga Dikembaliin? Gini Langkah Hukumnya!

👁️0x   💬0 🕗00:00 menit

Chord | Judul
1-9   A   B   C   D   E   F   G   H   I   J   K   L   M   N   O   P   Q   R   S   T   U   V   W   X   Y  

Ikut arisan online? Tapi uangnya ga dikembaliin? Terus langkah hukumnya gimana?

Salam #MasBro #MbakBro

Hello Readers!!
Gimana nih kabarnya? Semoga MasBro sehat walafiat ya, aamiin. Kali ini kita bakal bahas tentang uang arisan ga dikembaliin dan gemana langkah hukumnya. Kalian udah tau? Atau belum nih tentang itu? Kalo belum, ayo baca artikel ini sampai beres ya!

Uang Arisan Online Ga Dikembaliin? Gini Langkah Hukumnya!

Arisan yaitu kegiatan ngumpulin uang atau barang yang nilainya sama dengan beberapa orang terus diundi di buat nentuin siapa yang dapet, dilakuinnya di sebuah pertemuan secara berkala sampe semua anggota kebagian.

Nah peserta arisan sepakat buat ngadain arisan dengan uang tertentu dan dalam waktu tertentu, itu sebenarnya udah termasuk perjanjian walaupun cuma dilakukin dengan kata sepakat tanpa ada sebuah surat perjanjian.

Nah ini berhubungan sama syarat sah perjanjian sesuai Pasal 1320 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPer) yang ga ngeharusin perjanjian dibuat secara tertulis.

Baca juga:
Komentar Body Shaming? Awas Masuk Penjara! Gini Tips Hindarinya!

Jadi perjanjian di arisan berbasis online, berlaku sesuai ketentuan Pasal 1338 KUHPer.

Nah pas jatuh tempo, terus owner arisan online ga ngasih uang arisan. MbaBro bisa ngegugat secara perdata atas perbuatan ingkar janji/wanprestasi.

Bentuk ingkar janji/wanprestasi biasanya terjadi dalam hal:
1. Ga ngelaksanain prestasi sama sekali
2. Ngelaksanain tapi ga tepat waktu
3. Ngelaksanain tapi ga kaya yang dijanjiin
4. Ngelaksanain yang menurut perjanjian ga boleh dilakuin.

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

 

Tapi buat ngebuktiin kalo ownernya udah ngelakuin wanprestasi, MbaBro dan member arisan lainnya harus ngelakuin teguran (somasi) ke owner, kalo ownernya tetap ga menuhin kewajiban sesuai yang janjiin, baru MbaBro dan member yang lain berhak atas penggantian biaya, kerugian dan bunga sesuai Pasal 1243 KUH Perdata.

Perbuatan ownernya itu juga bisa dijerat pidana penggelapan sesuai Pasal 372 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Selengkapnya:
https://www.instagram.com/reel/CTCVt_Yh8vO/?utm_medium=copy_link

 

Terus ngerujuk ke Pasal 3 Peraturan Mahkamah Agung No 2 Tahun 2012 mengenai Penyesuaian Batasan Tindak Pidana Ringan dan Jumlah Denda dalam KUHP, maka ancaman denda di pasal itu dilipatgandain jadi paling banyak Rp900 ribu.

Nah biar terhindar dari masalah itu mending MbaBro ikutin cara aman ikut arisan online, yaitu:
1. Lingkaran pertemanannya yang bisa dipercaya
2. Legalisasinya yang valid
3. Harganya masuk akal
4. Nelusurin rekam jejak digital
5. Ga pake uang bulanan

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Kesimpulan

Kalo ikut arisan bakal dapet uang atau barang yang sesuai waktu ditentuin pas pengundian. Kalo uang arisan online belum dikasih sama owner, padahal udah jatoh tempo, MbaBro bisa ngegugat karena perbuatan ingkar janji, dan penggelapan.


Alhamdulillah
Akhirnya selesai ya.

Masih ada hal yang belum kita bahas ya?
Nah ada yang mau request bahas hukum negara yang mana lagi nih?
Silahkan untuk dikomen dibawah ya!

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Terimakasih
hukumonline.com d
an popmama.com pada 14.25 WIB hari Senin, 30 Agustus 2021

Kata kunci lain yang sering dicari..
hukumIN, hukum, menghakimiHUKUM, arisan, arisan online, penipuan arisan, penipuan arisan online, uang arisan, yang arisan online, uang arisan ga dikembaliin, tips a man, arisan online, tips aman arisan online, tips artisan online,

Comments

Leave a Reply