Barang Yang Dibeli Kadaluwarsa? Gini Langkah Hukumnya!

👁️0x   💬0 🕗00:00 menit

Chord | Judul
1-9   A   B   C   D   E   F   G   H   I   J   K   L   M   N   O   P   Q   R   S   T   U   V   W   X   Y  

Beli barang tapi Kadaluarsa? Terus langkah hukumnya gimana?

Salam #MasBro #MbakBro

Hello Readers!!
Apa kabar nih? Semoga selalu keadaan sehat walafiat ya, aamiin. Kali ini kita mau bahas tentang langkah hukum ketika beli barang ternyata kadaluarsa. MbaBro udah tau? Atau belum nih tentang itu? Kalo belum, ayo baca artikel ini ya biar paham!

Barang yang Dibeli Kadaluwarsa? Bini Langkah Hukumnya!

Kadaluwarsa atau expired adalah kelewat dari batas waktu yang berkalu dan ditetapkan.

Kadaluwarsa barang adalah salah satu perbuatan yang dilarang buat para usaha, khususnya produksi dan perdagangan, berdasarkan Pasal 8 ayat 1 huruf g UU Perlindungan Konsumen, nah kalo ngelanggar bakal dipidana penjara maks 5 tahun atau denda maks 2 miliar rupiah.

Selain itu, pelaku usaha juga bisa kena hukuman tambahan lho, yaitu (Pasal 63 UU Perlindungan Konsumen):
• Dirampas barang tertentu
• Diumumin keputusan hakim
• Bayaran ganti rugi
• Perintah nghentiin kegiatan tertentu yang nyebabkan kerugian konsumen
• wajib narik barang dari peredaran
• Pencabutan izin usaha

Nah selaku pemilik usaha wajib nyantumin tanggal kadaluwarsa di setiap barang yang dijual.

Baca juga:
Uang Arisan Online Ga Dikembaliin? Gini Langkah Hukumnya!

Kalo barangnya udah dicantumin tanggal kadaluwarsanya tapi udah ngelewatin jangka waktu dan masih diperjualbelikan, maka pemakaian barang itu udah ga baik dan ga layak dikonsumsi.

Nah karena ga layak ini, MbaBro punya hak atas keamanan, kenyamanan, dan keselamatan ngonsumsi barang yang dibeli (Pasal 4 huruf a UU Perlindungan Konsumen).

Buat mengetahui prosedur langkah hukum yang bisa MbaBro lakuin, itu ngacu ke Pasal 45 UU Perlindungan Konsumen.

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Penyelesaian sengketa konsumen sesuai Pasal 45 ayat 2 UU Perlindungan Konsumen, ga nutup kemungkinan penyelesaian damai tanpa lewat pengadilan atau badan penyelesaian sengketa konsumen dan ga bertentangan sama UU Perlindungan Konsumen.

Jadi, MbaBro dan pemilik usaha yang menentuin upaya penyelesaian sengketa yang mau ditempuh.

Kalo MbaBro pengen nuntut pemilik pelaku usaha secara pidana, maka MbaBro bisa ngelaporinnya ke pihak berwajib buat diproses lewat jalur pengadilan.

Selengkapnya:
https://www.instagram.com/reel/CTPLYRihY01/?utm_medium=copy_link

Penyelesaian sengketa konsumen lewat pengadilan ngacu ke ketentuan mengenai peradilan umum yang berlaku dengan memperhatikan ketentuan di Pasal 48 UU Perlindungan Konsumen.

Perlu diketahui kalo pelaku usaha punya kewajiban buat ngasih kompensasi, atau ganti rugi akibat pemakaian barang atau jasa yang di datangin (Pasal 7 huruf f UU Perlindungan Konsumen).

Nah biar kehindar dari masalah tentang Kadaluarsa ini, MbaBro harus ngelakuin tips yaitu:
1. Selalu ngecek tanggal kadaluarsa kalo beli barang
2. Kasih label kalo mau nyimpen makanan
3. Cepet abisin kalo produknya berbahan dasar susu
4. Selalu pilih daging dan ikan yang seger
5. Perhatiin rasa, warna, dan teksturnya kalo beli makanan di restoran

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Kesimpulan

Ngejual barang kadaluwarsa itu dilarang karena gak layak buat dikonsumsi, dan bisa kena pidana penjara maks 5 tahun atau denda maks 2 miliar rupiah. Kalo pengen nuntut pemilik usaha yang ngejual barang kadaluwarsa, maka MbakBro bisa ngelaporinnya ke pihak berwajib.


Alhamdulillah
Akhirnya selesai ya.

Masih ada hal yang belum kita bahas ya?
Nah ada yang mau request bahas hukum negara yang mana lagi nih?
Silahkan untuk dikomen dibawah ya!

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Terimakasih
hukumonline.com d
an shopback.co.id pada 18.01 WIB hari Selasa, 31 Agustus 2021

Kata kunci lain yang sering dicari..
hukumIN, hukum, menghakimiHUKUM, kadaluwarsa, barang kadaluwarsa, penjual barang kadaluwarsa, produk kadaluwarsa, expired, jual barang kadaluwarsa, Pasal jual barang kadaluwarsa,

Comments

Leave a Reply