Cari Tau Cara Buat Organisasi Kepemudaan Yuk!

👁️27x   💬0 🕗01:27 menit

Chord | Judul
1-9   A   B   C   D   E   F   G   H   I   J   K   L   M   N   O   P   Q   R   S   T   U   V   W   X   Y  

Mau buat Organisasi Pemuda, tapi ga tau caranya gimana? Ini Panduannya 

Salam #MasBro #MbakBro

Organisasi pemuda tentu aja berkaitan dengan pemuda. Organisasi pemuda ini bisa menjadi wadah pengembangan potensi dari para pemuda.

Pengertian Ormas 

Organisasi kepemudaan bisa dikategorikan sebagai Ormas ato Organisasi Kemasyarakatan, dengan berbentuk badan hukum bisa perkumpulan ato Yayasan dan tidak berbadan hukum, serta berbasis anggota dan tidak. 

Menurut Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (UU Ormas) dan perubahannya, dalam ketentuan umum, yang dimaksud Organisasi Kemasyarakatan merupakan organisasi yang didirikan juga dibentuk oleh masyarakat secara sukarela karena kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dengan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

Baca Juga
Ghibahin Orang di Grup Chat Bisa Kena UU ITE?

Ormas bersifat sukarela, sosial, mandiri, nirlaba, dan demokratis, ini sesuai dengan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013. Ormas juga bisa didirikan minimal oleh 3 orang warga negara Indonesia ato lebih, kecuali Ormas yang berbadan hukum yayasan.

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Cara Mendaftar Ormas 

Pendaftaran Ormas dilihat dari bentuknya apakah berbadan hukum atau tidak.

  1. Ormas Berbadan Hukum, Ormas berbadan hukum bisa dinyatakan terdaftar kalo sudah mendapatkan pengesahan dari badan hukum. Kalo bentuknya perkumpulan maka dibuat dengan berbasis anggota, sedangkan kalo berbadan hukum yayasan, maka dibuatnya tidak berbasis anggota.
  2. Ormas Tidak Berbadan Hukum, Pendaftaran bisa dilakukan dengan memberi surat keterangan daftar yang diberikan oleh Menteri untuk Ormas yang ada di lingkup nasional, Gubernur untuk Ormas yang ada di lingkup provinsi, serta Bupati/walikota untuk Ormas yang ada di lingkup kabupaten/kota.

    Surat keterangan daftar yang dimaksud berupa akta pendirian yang dikeluarkan oleh notaris yang mencangkup AD dan ART, program kerja, susunan pengurus, surat keterangan domisili, nomor pokok wajib pajak atas nama Ormas, surat pernyataan tidak dalam sengketa kepengurusan ato tidak dalam perkara di pengadilan, dan surat pernyataan kesanggupan melaporkan kegiatan.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Kesimpulan

Kalo ingin membuat organisasi kepemudaan, pasti masuk dalam Ormas ato Organisasi Kemasyarakatan. Ormas ini dibuat oleh masyarakat dengan sukarela sehingga ga ada paksaan, dengan jumlah anggotanya 3 ato lebih dan berwarga negara Indonesia, kecuali itu Ormas yang berbeda hukum Yayasan. 

Cara daftarnya juga gampang, kalo itu Ormas Berbasis Hukum maka kamu hanya meminta surat daftar dari badan humum. Namun, kalo Ormas ga berbadan hukum, kamu bisa meminta surat keterangan daftar sesuai dengan lingkup Ormas yang akan dibuat.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Terimakasih
hukumonline.comdibuka pukul 16:04 WIB pada Hari Kamis tanggal 05 Agustus 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
hukumIN, hukum, menghakimiHUKUM, Organisasi Pemuda, Kepemudaan, Cara Buat Organisasi Kepemudaan, Ormas, Organisasi Masyarakat,


Terbit

dalam

oleh

Tags:

Comments

2 responses to “Cari Tau Cara Buat Organisasi Kepemudaan Yuk!”

  1. Elmayana Avatar

    Asikk jadi tau cara bikin keorganisasian kepemudaan, sangat membantu sekali

  2. naswa Avatar
    naswa

    Oh caranya gitu, okedeh terimakasih infonya

Leave a Reply