Mau Cicil Rumah? Tapi Takut Kena Masalah Hukum? Gini Tipsnya!

👁️0x   💬0 🕗00:00 menit

Chord | Judul
1-9   A   B   C   D   E   F   G   H   I   J   K   L   M   N   O   P   Q   R   S   T   U   V   W   X   Y  

 

Kalian pengen punya nyicil rumah? Tapi takut kena masalah hukum? Tenang ada tipsnya ko!!

Salam #MasBro #MbakBro

Hello Readers!!
Apa kabar? Semoga selalu sehat walafiat ya. Kalian tau ga sih apa yang mau kita bahas? Ya! Sesuai judul kita bakal bahas tentang “Mau Nyicil Rumah? Tapi Takut Kena Masalah Hukum? Gini Tipsnya!” . Kalian bingung cara nyicil rumah yang aman tanpa kena masalah hukum? Ayo akhiri rasa kebingungan itu dengan membaca artikel ini sampai abis ya guys!

Mau Cicil Rumah? Tapi Takut Kena Masalah Hukum? Gini Tipsnya!

Setiap orang pasti pengen punya rumah sendiri, tapi kalo mau beli rumah, rumahnya harus udah punya hak yang sah dari Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Tetapi sebelum jual beli rumah, ada yang harus diperhatiin, yaitu:

  1. Informasi yang didapat, benar, jujur dan akurat berdasarkan dokumen kepemilikan rumahnya asli dan sesuai.
  2. Mastiin ke kantor BPN bshwa dokumen kepemilikan rumah ga lagi dijaminin atau dialihin ke pihak lain, dan ga lagi dikuasain sama pihak lain.

Baca juga:
https://hukumin.kekitaan.com/solusi-telat-bikin-akta-kelahiran/

Nah karena pembayarannya nyicil, jadi sebaiknya kalian bikin PPJB (Perjanjian Pengikatan Jual Beli).

Tapi kalian tau ga PPJB itu apa?
PPJB itu perjanjian yang dibikin penjual dan pembeli buat pengikat awal sebelum bikin AJB (Akta Jual Beli) di hadapan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT).

 

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Biasanya isi PPJB adalah kesepakatan penjual buat ngejual tanah atau rumah ke pembeli sambil ada pemberian tanda jadi atau uang muka sesuai kesepakatan.

Pembuatan PPJB bisa dibuat di hadapan atau di bawah tangan Notaris.
Tapi dalam hal ini disaranin biar pembuatan PPJB dilakukan di hadapan Notaris biar lebih punya kekuatan hukum yang kuat dan juga kalo PPJB dibuat di hadapan Notaris merupakan akta otentik. Tentang akta yang dibuat di hadapan Notaris itu punya kekuatan pembuktian yang sempurna.

Tapi, PPJB yang dibuat di hadapan Notaris atau di bawah tangan, itu tetep ngikat para pihak secara sah, asalkan dibuatnya memenuhi syarat sah perjanjian pada Pasal 1320 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUH Perdata).

Didalam pasal tersebut dijelasin kalo persetujuan yang sah, perlu memenuhi empat syarat, yaitu:
1. Kesepakatannya yang mengikatkan dirinya
2. Kecakapan buat bikin membuat suatu perikatan
3. Pokok persoalan tertentu
4. Sebab yang ga terlarang

Kalo syarat sahnya udah dipenuhi, maka perjanjiannya sah dan ngikat para pihak serta berlaku sebagai undang-undang buat para pihak yang membuatnya yang diatur oleh Pasal 1338 KUH Perdata.

Kalo pembuatan PPJB udah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, jadi bisa ngasih kepastian hukum antara pembeli dan penjual.

Tapi cara lainnya adalah selama nyicil rumah, sertifikat kepemilikan rumahnya di penguasaan Notaris. Hal ini buat ngejamin biar sertifikatnya ga dialihin, dijaminin atau diperjualbelikan ke pihak lain.

Jadi pas cicilannya udah lunas, pembeli bisa ngambil sertifikat kepemilikan rumah di Notaris.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Kesimpulan

Setiap orang pastinya pengen punya rumah sendiri, kalo mau beli rumah harus punya hak yang sah dari BPN dan harus merhatiin ketentuan jual beli rumah, terus bikin PPJB dan dibuat dihadapan notaris biar lebih punya kekuatan hukum yang kuat dan merupakan akta otentik.

Alhamdulillah
Akhirnya selesai ya.

Masih ada hal yang belum kita bahas ya?
Nah ada yang mau request bahas hukum negara yang mana lagi nih?
Silahkan untuk dikomen dibawah ya!

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Terimakasih
Nico Poltak Sihombing, S.H., M.H.  https://www.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/lt60102acc87098/tips-aman-cicil-rumah-agar-terhindar-masalah-hukum/ dibuka pada 13.20 WIB hari Selasa, 10 Agustus 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
hukumIN, hukum, menghakimiHUKUM, cicil rumah, tips aman cicil rumah, cicil rumah aman, cara cicil rumah, cara aman cicil rumah, tips cicil rumah, 


Terbit

dalam

oleh

Comments

Leave a Reply