V – KBBH

V – KBBH

   Cari kata KBBHukum lain?
1-9  A  B  C  D  E  F  G  H  I  J  K  L  M  N  O  P  Q  R  S  T  U  V  W  X  Y  Z

Apa itu vacancy clause?
Apa arti vacancy clause?

Salam #MasBro #MbakBro

Berikut kata-kata dari huruf V dalam Kamus Besar Bahasa Hukum (KBBH). Untuk pengertian lebih rinci. Silahkan klik katanya ya.

  1. vacancy
    clause
    perintah pengosongan rumah berdasarkan kontrak.

Kuliah hukum? Lulusan hukum?
Menulis cuma jadi hobi doang?
Ayo berkarya dengan menulis.
Yuk mulai #hidupdariKARYA

2 vacant kosong; rumah yang tidak dihuni; tanah yang tidak diolah.
3 vacationis pembebasan.
4 vacua possessio harta milik yang bebas untuk dioperkan kepada orang lain.
5 vacuum kosong, lowong.
6 valid mempunyai kekuatan hukum; absah, sah. Suatu keadaan atau fakta yang telah memenuhi persyaratan sebagaimana ditetapkan oleh hukum.
7 valid in lan sah menurut hukum : segala tindakan dan prosedur atau dengan ketentuan hukum yang berlaku.
8 validation certificate dokumen yang sah menurut hukum.
9 validity mutu dari sanksi atau kekuatan hukum.
10 valshievaluable consideration inti penting dalam suatu kontrak.
11 value nilai. nilai intrinsik dari barang atau jasa atau jumlah uang yang harus diserahkan untuk memperoleh barang atau jasa tersebut pada saat tertentu.
12 value added nilai tambah. selisih lebih antara harga jual barang dengan harga beli bahan baku, bahan penolong, suku cadang dan jasa yang digunakan untuk memproduksi barang tersebut.
13 value added tax (VAT) /pajak pertambahan nilai (PPn) pajak konsumsi yang dikenakan atas nilai yang ditambahkan pada suatu produk pada setiap tahapan dari siklus manufakturnya, demikian pula pada saat dibeli oleh konsumen akhir.
14 value date/tanggal nilai tanggal efektif; perbankan, tanggal resmi ketika uang dipindahkan, yaitu menjadi dana bagi deposannya; transaksi eurodollar dan valuta asing, sinonim dengan tanggal penyelesaian atau tanggal penyerahan.
15 valvae penempelan surat juru sita pada tempat yang dilihat umum dari tempat persidangan, karena orang yang bersangkutan tidak diketahui domisilinya.
16 vendors lien hak retensi penjual. Hak yang dimiliki penjual untuk menahan barang milik pembeli yang belum dibayarnya sampai terpenuhinya kewajiban pembeli tersebut.
17 venue en court pengajuan perkara di muka pengadilan.
18 verantwoordelijkheidresponsibility pertanggungan jawab; bertanggung jawab; wajib mengadakan pertanggungjawaban serta memikul segala akibatnya.
19 verbaal berita acara, hasil pemeriksaan dengan bertanya jawab dan mencatatnya dalam suatu bentuk laporan mengenai suatu perkara.
20 verband/junto/ connection/ context (per)hubungan, bersangkutan paut dengan, bertalian dengan.
21 verbinden/zich verbinden een verbintenis/to ally mengadakan perjanjian.
22 verbintenis 1. perikatan, hubungan hukum yang terjadi antara 2 (dua) orang atau lebih, yang terletak di dalam lapangan harta kekayaan, di mana pihak yang satu berhak atas prestasi dan pihak yang lainnya wajib memenuhi prestasi itu.; 2. perjanjian, suatu perbuatan satu atau lebih pelaku usaha untuk mengikatkan diri tehadap satu atau lebih pelaku usaha lain dengan nama apa pun, baik tertulis maupun tidak tertulis.
23 verbreken van zegels / to break a seal merusakkan segel.
24 verdict keputusan hakim; pernyataan tentang kebenaran peristiwa yang diajukan di pengadilan, dalam rapat tertutup.
25 verdigings beginsel/a fair hearing setiap pihak yang berperkara berhak atas kesempatan membela diri (prinsip audi et alteram partem) dan bahwa kedua belah pihak juga harus mendapatkan kesempatan dan perlakuan yang sama dalam mengetahui, mengajukan berkas-berkas pembuktian dan memperoleh informasi.
26 verifikasi tanda tangan/signature verification pengujian keabsahan tanda tangan pada suatu warkat oleh bank pada saat akan melakukan pembayaran.
27 verifikasi/verification pembenaran dari pihak yang berwenang; pemeriksaan kecermatan data dan proses perakunannya; proses pengujian atas kebenaran data.
28 verify menyatakan kebenaran di bawah sumpah.
29 verjaren memperoleh sesuatu karena lewat waktu.
30 verjaringstermijn tenggang lewat waktu.
31 versani in re illieta setiap orang yang telah melakukan suatu perbuatan yang terlarang itu dipertanggungjawabkan atas segala akibat yang timbul karena perbuatannya termasuk akibat-akibat yang tidak ia kehendaki atau akibat-akibat yang tidak ia pikirkan sebelumnya.
32 vested interest 1. orang yang memperkaya diri; 2. hak atas kebendaaan yang realisasinya ditangguhkan.
33 vide lihat, petunjuk untuk melihat suatu ketentuan, halaman buku atau kata yang memberi penjelasan atau persamaan.
34 visum yang dilihat; bentuk tunggal dari visa.
35 visum et repertum kesaksian dari tenaga ahli; surat keterangan seorang dokter atau tenaga ahli lainnya yang sejenis yang berisi kesimpulan suatu pemeriksaan yang telah dilakukannya sesuai dengan profesi dan keahlian yang dimiliki.
36 void batal demi hukum, suatu dokumen hukum yang langsung batal demi hukum tanpa harus menunggu ada atau tidaknya permintaan pembatalan kepada hakim oleh pihak-pihak yang terlibat di dalamnya.
37 void ab initio batal demi hukum sejak awal. Suatu dokumen hukum yang secara yuridis telah batal demi hukum sejak awalnya sehingga akibatnya seperti dokumen itu tidak pernah ada.
38 void contract kontrak yang batal demi hukum. Perjanjian yang tidak mempunyai kekuatan dan akibat hukum apa pun karena tidak sah atau tidak memenuhi unsur objektif untuk sahnya suatu perjanjian [vide: Pasal 1320 KUHPerdata].
39 void for vagueness batal demi hukum karena ketidakjelasan, prinsip hukum yang menyatakan bahwa suatu produk perundang-undangan yang isinya tidak jelas dan menyalahi prosedur pengundangan, dinyatakan batal demi hukum.
40 void on its face batal demi hukum cacat. Suatu dokumen hukum menjadi batal demi hukum karena secara formal terdapat cacat hukum.
41 voidable contract kontrak yang dapat dibatalkan. Perjanjian yang dapat dinyatakan batal oleh hakim karena permintaan salah satu pihak dengan alasan bahwa perjanjian tersebut tidak memenuhi unsur subjektif untuk sahya suatu perjanjian [vide: Pasal 1320 KUHPerdata].
42 voidable preference preferensi yang dapat dibatalkan. Pengalihan kekayaan oleh orang yang berada dalam situasi tidak mampu memenuhi kewajibannya membayar utang, kepada kreditur yang sekelas secara diskriminatif, dapat dinyatakan batal oleh hakim.
43 voidable/dapat dibatalkan kontrak yang dapat dibatalkan oleh siapa saja dari kedua belah pihak setelah ditandatangani, karena terjadinya penipuan, tidak kompeten, atau adanya ketidakabsahan lain, atau karena berlakunya suatu right of rescission; suatu dokumen hukum yang dapat dinyatakan batal oleh hakim atas permintaan salah satu pihak yang membuatnya berdasarkan sebab-sebab tertentu yang diatur oleh undang-undang.
44 volleding bewijs mempunyai kekuatan pembuktian yang sempurna.
45 volmacht kuasa/surat kuasa penuh.
46 volmachtgever pemberi kuasa.
47 volmachtheber yang diberi kuasa, pihak yang diberi kuasa.
48 vonnis/vonis keputusan hakim, surat keputusan pengadilan.
49 voogdij perwalian.
50 voorschot uang muka, porsekot, panjar; pemberian uang sebagai tanda jadi atau pengikat.
51 voting right hak suara. hak pemegang saham untuk mengeluarkan suara dalam rapat umum pemegang saham suatu perusahaan.
52 votum keputusan dari suara terbanyak.
53 vrijspraak putusan hakim yang mengandung pembebasan si tertuduh, karena ternyata si tertuduh tidak terbukti tentang apa yang dituduhkan kepadanya.
54 vuipand gadaikan barang-barang bergerak.

Apapun mesin mencarinya
kekitaan adalah sumbernya

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Terimakasih
peraturan.bpk.go.id dibaca 18:27 WIB pada hari Senin tanggal 08 Juni 2020

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Kata Kunci Sering Dicari :
hukumIN, tulisIN, Juni, 2020, Juni 2020,
tulisIN,
KBBH, kamus bebas bahasa hukum, V,

Comments

Leave a Reply