Mau Buat Organisasi Kepemudaan?

Mau Buat Organisasi Kepemudaan?

👁️27x   💬0   🕗01:27

Cari kata KBBHukum lain?
1-9  A  B  C  D  E  F  G  H  I  J  K  L  M  N  O  P  Q  R  S  T  U  V  W  X  Y  Z

Kau aktif organisasi?
Mau buat organisasi kepemudaan?
Gimana sih caranya buat organisasi kepemudaan?
Apa sih organisasi kepemudaan itu?

Salam #MasBro #MbakBro

Hai hai hai semuanya!! gimana nih kabarnya?semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat yaa. Nah kali ini kita akan bahas hal yang beda dari biasanya. Apa sih kira kira?. Kali ini kita akan bahas tentang Organisasi Kepemudaan. Ada yang udah tau belom apa itu Organisasi Kepemudaan? atau mungki ada yang udah mengikuti organisasi ini?. Nah buat kalian nih yang masih tanya tanya apa itu Organisasi Kepemudaan, yuk langsung simak penjelasannya berikut ini.

Mau Buat Organisasi Kepemudaan?

Organisasi kemasyarakatan adalah organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat. Berdasarkan kesamaan kehendak aspirasi, demi tercapainya tujuan NKRI. Organisasi Masyarakat bisa didirikan oleh 3 orang warga negara Indonesia atau lebih, jika perkumpulannya badan hukum maka berbasis anggota. Jika berbadan hukum yayasan maka tidak berbasis anggota.

Baca Juga
Siapa Nih Yang Suka Minjem Barang Tanpa Ijin? Hati-hati Ada Hukumnya Lho
Aniaya Anak? Hukumnya Gimana?

Ormas atau Organisasi Kemasyarakatan yaitu Organisasi yang didirikan oleh masyarakat dengan sukarela berdasarkan kehendak, kebutuhan, dan kepentingan, bertujuan agar berpatisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan NKRI.

Nah untuk menjawab pertanyaan diatas kita akan mengacu pada Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan.

Ormas ini bersifat sukarela, sosial dan mandiri. Nah Organisasi Kepemudaan juga termasuk kategori Ormas atau Organisasi Masyarakat.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Gimana caranya daftar organisasi masyarakat?

Untuk mendirikan Ormas ini perlu beberapa syarat lho, yaitu

  1. Ormas berbadan hukum perkumpulan
    – akta pendirian oleh notaris
    – program kerja
    – sumber pendanaan
    – surat keterangan tempat
    – nomor pokok wajib
    – surat pernyataan tidak sedang dalam sengketa kepengurusan atau dalam perkara di pengadilan.
  2. Pengesahan badan hukum perkumpulan ini dilakukan oleh Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintah.

Jika organisasi masyarakat berbadan hukum akan dinyatakan terdaftar jika mendapat pengesahan badan hukum, jika tidak berbadan hukum maka harus memberikan surat keterangan terdaftar dengan memenuhi beberapa syarat, yaitu akta pendirian yang dikeluarkan oleh notaris, program kerja, susunan pengurus, surat keterangan domisili, nomor pokok wajib pajak, surat pernyataan tidak dalam sengketa kepengurusan dan surat pernyataan kesanggupan melaporkan kegiatan.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, untuk mendirikan organisasi kepemudaan tersebut harus mengikuti syarat yang sudah tertera diatas.

Nah mungkin segitu aja pembahasan kita kali ini mengenai Organisasi Kepemudaan, mohon maaf kalo ada salah kata ato penulisan. Sampai berjumpa nanti.

Punya pertanyaan tentang tulisan ini?
Silahkan komen dibawah ya.

Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya.

Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi.

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Terimakasih
canva.com dibuka pukul 10:27 WIB pada hari Kamis tanggal 16 September 2021

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN, September 2021, September, 2021,
Mau Buat Organisasi Kepemudaan, Organisasi Kepemudaan,


Terbit

dalam

oleh

Comments

3 responses to “Mau Buat Organisasi Kepemudaan?”

  1. Farhazx Avatar
    Farhazx

    Makasih ya sangat membantu

  2. Squasidaw Avatar
    Squasidaw

    Ini dia yang gua cari

Leave a Reply