23++ Pertanyaan dan Jawaban Pengantar Ilmu Hukum (PIH)

pertanyaan jawaban pengantar ilmu hukum

   Cari kata KBBHukum lain?
1-9  A  B  C  D  E  F  G  H  I  J  K  L  M  N  O  P  Q  R  S  T  U  V  W  X  Y  Z

Pernah dihukum ga?
Pernah kena tilang?

Salam #MasBro #MbakBro

23++ Pertanyaan dan Jawaban Materi Kuliah Pengantar Ilmu Hukum (PIH)

1. Apa Perbedaan Pandangan Hukum Aliran Naturalisme dan Positivisme?

Naturalisme

Positivisme

Hukum adalah aturan yang muncul karna ada masyarakat, bukan karna dibuat oleh suatu kekuasaan. Hukum adalah produk kekuasaan formal (penguasa).
Sanksi bukan hal yang esensial dalam hukum alam. Aturan hukum selalu terikat dengan sanksi. Apabila ga bersanksi, maka bukan hukum.
Esensi aturan hukum adalah pencerminan dari moral. Ga membahas keadilan ato nilai-nilai moral.
Selengkapnya…  

2. Apa Hubungan Hukum dan Kebiasaan?

Kebiasaan adalah peraturan ato adat yang secara resmi dianggap mengikat, yang dikukuhkan oleh penguasa atau pemerintah. Kebiasaan adalah salah 1 sumber hukum yang ada dalam kehidupan sosial masyarakat dan dipatuhi sebagai nilai-nilai yang hidup yang positif.
Tapi…
Selengkapnya…

3. Apa Defenisi Hukum Menurut Austin?

Hukum adalah perintah penguasa. Jadinya hukum dipisahkan dari moral, kebiasaan dan unsur-unsur lain yang ga dapat ditentukan. Austin memberikan batasan yang sempit terhadap hukum.

Perbedaan pandangan dengan pendapat diatas  adalah…
Selengkapnya…

4. Apa Aja Pengertian Hukum Menurut Para Ahli?

Berikut beberapa diantaranya, selengkapnya silahkan main ke 27++ Pengertian Hukum Menurut Para Ahli

Menurut Ahli Hukum Luar Indonesia

1. Allen
Hukum secara umum adalah suatu usaha untuk menegakkan suatu keadilan dalam pihak yang harus dibedakan.

2. Aristoteles
Hukum ga hanya berarti kumpulan aturan yang dapat mengikat dan berlaku pada masyarakat saja, tapi juga berlaku pada hakim itu sendiri. Dengan kata lain hukum ga diperuntukan dan ditaati oleh masyarakat saja, tapi juga wajib dipatuhi oleh pejabat negara.

Menurut Ahli Hukum Indonesia

1. Abdulkadir Muhammad
Hukum adalah segala peraturan baik tertulis maupun ga tertulis yang memiliki sanksi tegas terhadap pelanggarannya.

2. Abdul Wahab Khalaf
Hukum adalah tuntutan Allah berkaitan dengan perbuatan orang yang telah dewasa menyangkut perintah, larangan dan kebolehannya untuk melaksanakan ato meninggalkannya.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

5. Gimana Antinomi Keadilan dan Kepastian Hukum Dengan Tujuan Hukum?

Kepastian hukum merujuk pada keadilan komutatif, yang memandang semua orang sama di mata hukum. Sedangkan keadilan merujuk pada keadilan distributiva, yang memandang setiap orang ga sama di mata hukum, bersifat proporsional. Karna antara kepastian hukum dan keadilan ga dapat diterapkan secara bersama-sama. Jika…
Selengkapnya…

Baca Juga
7++ Pertanyaan dan Jawaban Hukum Perbankan
15++ Pertanyaan dan Jawaban Hukum Tata Negara

6. Apakah Perbedaan Keberlakuan Empiris dan Evaluatif?

Keberlakuan Empiris
Kalo keberlakuan empiris tidak melihat isi norma tersebut. Asal norma tersebut terlihat dipatuhi, maka norma tersebut efektif.
Selengkapnya…

Keberlakuan Evaluatif
Sedangkan keberlakuan evaluatif secara empiris itu dilihat dari isinya terlebih dahulu. Masyarakat menerima, setuju dan akhirnya melakukan isi norma itu.
Selengkapnya…

7. Apakah Tujuan Hukum?

Tujuan hukum adalah mencapai damai sejahtera.
a. Untuk
Untuk wujudin damai sejahtera perlu pengaturan yang adil, yaitu pengaturan yang didalamnya terdapat kepentingan yang dilindungi secara seimbang.
b. Supaya
Supaya setiap orang dapat bagiannya.
Selengkapnya…

8. Apa Kaitan Peristiwa Hukum, Hubungan Hukum, Hak, Kewajiban, dan Akibat Hukum?

Peristiwa hukum adalah peristiwa yang membawa akibat hukum, dimana menimbulkan hak dan kewajiban terhadap subyek hukum. Hubungan antara subyek hukum tersebut dinamakan hubungan hukum.

Contoh
Selengkapnya…

9. Apa Artinya “Esensi Aturan Hukum adalah Pencerminan Moral”?

1. Hal yang nentuin kalo suatu aturan itu adalah aturan hukum ato bukan adalah isi aturan itu sendiri.
2. Aturan itu nunjukin prinsip moral ato ga.
3. …
Selengkapnya…

Baca Juga
8++ Pertanyaan dan Jawaban Ilmu Negara
8++ Pertanyaan dan Jawaban Hukum Agraria

10. Apa Teori Tujuan Hukum Menurut John Locke?

Menurut John Locke…
…tujuan hukum adalah memelihara hak-hak alamiah yang udah ada pada masa status naturalis. John Locke melukiskannya sebagai Paradise lost, suatu keadaan yang damai, tentram, saling menolong, dan terlindungi. Tujuan inilah yang harus menjadi acuan bagi legislator.

Tujuan hukum menurut Locke adalah…
Selengkapnya…

11. Apakah Tujuan Hukum?

Tujuan Hukum Menurut Teori Hukum

1. Teori Etis (Teori Keadilan)
a. Dikaji dari sudut pandang falsafah hukum dan berdasarkan etika…
b. Tujuan hukum ditentuin sama keyakinan kita yang etis tentang yang adil dan ga adil.
c. …
Selengkapnya…

2. Teori Kegunaan/ Kemanfaatan (Teori Utilities/ Eudaemonistis)
a. Tujuan hukum adalah kasih manfaat (faedah) yang sebesar-besarnya bagi masyarakat.
b. Hukum diatas kepentingan pribadi ato golongan.
c. …
Selengkapnya…

3. Teori Kepastian Hukum (Yuridis formal/Campuran)
a. Dikaji dari sudut pandang Hukum normatif
b. Tujuan hukum adalah menjaga kepentingan setiap orang biar ga diganggu haknya.
Selengkapnya…

12. Apa Perbedaan Antara Argumentum Per Analogiam dan Interprestasi Ekstentif?

a. Argumentum per analogiam
Argumentum per analogiam berdasarkan fakta hukum. Dengan metode ini peristiwa yang serupa, sejenis atau mirip dengan yang diatur dalam undang-undang dapat diperlakukan sama.
Contoh
Selengkapnya…

b. Interprestasi ekstentif
Interprestasi ekstentif berdasarkan aturan hukum. Metode ini dengan memperluas batas-batas yang ditetapkan oleh interpretasi garamatikal.
Contoh
Selengkapnya…

14. Apakah Interpretasi Otentik Dapat Digolongkan Salah Satu Metode Penemuan Hukum?

Dalam proses penemuan hukum, hakim dapat memilih metode intepretasi yang ada apabila aturan hukum yang ada ga jelas.
Interpretasi otentik ga bisa digolongin dalam metode penemuan hukum…
Karna…
Selengkapnya…

15. Apa Perbedaan Pengertian Sumber Hukum, Asas Hukum, Aturan Hukum, Norma Hukum? Apa Contoh?

Sumber hukum adalah sumber tempat orang-orang mengetahui hukum atau tempat dimana suatu hukum diambil.
Asas hukum adalah nilai-nilai yang mendasari kaidah-kaidah hukum.
Aturan hukum adalah bentuk dari suatu pernyataan, bisa tertulis maupun tidak tertulis. Norma hukum adalah arti dari suatu pernyataan.
Contoh
Selengkapnya…

Baca Juga
17++ Pertanyaan dan Jawaban Tentang PKPA?
27++ Pengertian Hukum Menurut Para Ahli

16. Kenapa Dalam Perkara Pidana, Hakim Ga Boleh Pake Argumentum Per Analogiam Tapi Boleh Inteprestasi Ekstentif?

Karna dalam interpretasi ekstentif masih tetap berpegang pada aturan hukum, sedangkan argumentum per analogiam tidak berpegang pada aturan yang ada, melainkan pada inti, rasio dari aturan hukum.
Karna…
Selengkapnya…

17. Interpretasi Mana yang Paling Tepat Diterapkan Dalam Suatu Kasus?

Ga ada prioritas pada metode interpretasi hukum mana yang paling tepat untuk diterapkan dalam suatu kasus. Pemilihan metode interpretasi hukum ga pernah dijumpai dalam suatu aturan hukum tertentu. Metode interpretasi hukum sering…
Selengkapnya…

18. Perbedaan Hukum dan Moral Sehingga Muncul Hukum Positif dan Moral Positif Menurut Analitical/Imperative Jurisprudence (John Austin)? Contoh?

Hukum positif adalah keseluruhan kaidah dan nilai yang dibuat oleh penguasa lewat proses legislasi oleh legal drafter yang berlaku dalam suatu masyarakat.
Contoh
Selengkapnya…

Moral positif adalah keseluruhan kaidah dan nilai yang berkenaan dengan ikhwal baik atau perbuatan baik, manusia yang berlaku di masyarakat tertentu.
Contoh
Selengkapnya…

19. Perbedaan Antara Asas Hukum dan Norma Hukum Dalam Pengambilan Keputusan?

Salah satu perbedaan antara asas hukum dan kaidah/norma hukum dalam pengambilan keputusan, asas hukum ga punya karakter “alies of niet” sedangkan kaidah/norma hukum memiliki karakter tersebut.
a. Asas hukum tidak berkarakter “ alles of niets”
Asas hukum ga berkarakter “ alles of niets” (semua ato ga sama sekali)…
Selengkapnya…
b. Norma hukum berkarakter alles of niets
Norma hukum berkarakter alles of niets. Bahwa norma atau kaidah hukum tidak membuka kemungkinan bahwa pada waktu yang bersamaan terdapat suatu aturan hukum lain yang…
Selengkapnya…

20. Apa Perbedaan Pendekatan Empirik Dengan Pendekatan Empirik Dalam Ilmu Sosial?

Pragmatic Legal Realism sebenarnya juga pake pendekatan empirik.
Pendekatan empirik yang dipake pada pragmatic legal realism adalah bukan melalui praktek masyarakat ( perilakunya ).
Tapi…
Selengkapnya…

Baca Juga
Mural Isi Kritik? Hukumnya Gimana?
Gimana Caranya Hindari Kekerasan Seksual Online untuk Kaum Wanita?

21. Gimana Pandangan Historical Jurisprudence (Von Savigny) Terhadap Pembaharuan Hukum yang Dilakukan Legal Drafter?

Pembaharuan hukum (legal reform) adalah tindakan mengganti hukum yang lama dengan hukum yang baru sesuai dengan yang direncanakan.

Pandangan historical jurisprudence (Von Savigny) terhadap pembaharuan atau perubahan hukum ga butuh legal drafter. Sebab…
Selengkapnya…

22. Apakah Dengan Melakukan Interpretasi Justru Ga Memberikan Kepastian Hukum?

Dalam penemuan hukum ga ada prioritas pada salah satu metode interprestasi yang digunakan dalam menyelesaikan perkara, sehingga dimungkinkan antara hakim yang satu dan yang…
Selengkapnya…

23. …

Data tambahan sedang berproses…


Biar kita nyambung dalam obrolan selanjutnya…
Silahkan baca dulu judul-judul dibawah ya..

Pembahasan kita ini ada obrolan berseries tentang…
a. Apa Itu Subjek Hukum?
b. Apa Itu Objek Hukum?
c. Apa Sih Pengertian Peristiwa Hukum?
Peristiwa Hukum Dari Segi Isinya?
– Peristiwa Hukum Karna Perbuatan Subyek Hukum?
Peristiwa Hukum : Apakah Saksi Ahli Berhak Menguraikan Faktanya?
d. Apa Aja Contoh Peristiwa Hukum?
e. Apa Itu Perbuatan Hukum?
f. Apa Tujuan Hukum?
3 Teori Tujuan Hukum?
Tujuan Hukum Menurut Teori Etis?
Tujuan Hukum Menurut Teori Utilitis?
Tujuan Hukum Menurut Teori Campuran?

Sering ditanya…

Apa itu peristiwa hukum dan contohnya?
Apa yang dimaksud dengan peristiwa hukum?
Apa yang dimaksud peristiwa hukum sebutkan macam macam peristiwa hukum?
Apa itu peristiwa hukum dan perbuatan hukum?
Mengapa hukum itu berlaku?
Apa yang dimaksud dengan peristiwa?
Bagaimana cara memperoleh hak milik?
Apa isi hukum itu?
Bilamana seseorang dapat dikatakan wanprestasi?

Punya cerita tentang tulisan ini?
Silahkan komen dibawah ya.

Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya.

Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi.

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Terimakasih
Catatan Kuliah
rizkyjulianiwulan. Soal dan Pembahasan Pengantar Ilmu Hukum (PIH). rizkyjulianiwulan.wordpress.com dibuka pukul 17:27 WIB pada hari Jumat tanggal 24 September 2020

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Kata kunci lain yang sering dicari…
MeLirik, tulisIN, Desember, 2021, Desember 2021,
kekitaan,
pertanyaan jawaban pengantar ilmu hukum,
soal ujian akhir semester pengantar ilmu hukum, soal dan jawaban pengantar hukum indonesia, pertanyaan tentang tujuan hukum, contoh soal pengantar ilmu hukum semester 1, pertanyaan tentang hakikat hukum, pertanyaan sulit tentang hukum, soal pilihan ganda pengantar ilmu hukum, pertanyaan tentang penggolongan hukum
, pertanyaan jawaban pengantar ilmu hukum,

Comments

8 responses to “23++ Pertanyaan dan Jawaban Pengantar Ilmu Hukum (PIH)”

  1. lottovip Avatar
    lottovip

    I just couldn’t go away your site before suggesting
    that I really enjoyed the standard info an individual provide to your visitors?
    Is gonna be again continuously in order to inspect new posts

    Also visit my web site: สมัคร lottovip

  2. lydiaeyre Avatar
    lydiaeyre

    Thank you for the auspicious writeup. It in fact was a amusement account it.

    Look advanced to far added agreeable from you!
    However, how could we communicate?

  3. deidre Avatar
    deidre

    Have you ever thought about publishing an e-book or guest authoring on other blogs?

    I have a blog centered on the same ideas you discuss and would really like to have you share
    some stories/information. I know my readers would enjoy your work.
    If you’re even remotely interested, feel free to send me an e mail.

  4. jedlazarev Avatar
    jedlazarev

    Terrific work! That is the type of information that
    should be shared around the net. Disgrace on the search engines for no longer positioning this publish higher!

    Come on over and talk over with my site . Thanks =)

  5. nataliemathews Avatar
    nataliemathews

    Have you ever considered about including a
    little bit more than just your articles? I mean, what you say is important and all.
    However think of if you added some great pictures or videos to give your posts more, “pop”!
    Your content is excellent but with images and video clips, this website could definitely be
    one of the most beneficial in its niche.
    Amazing blog!

  6. Tiffiny Avatar
    Tiffiny

    Hmm is anyone else experiencing problems with the images on this
    blog loading? I’m trying to find out if its a problem on my end or if it’s the blog.
    Any feed-back would be greatly appreciated.

  7. pillola dimagrire Avatar
    pillola dimagrire

    I must thank you for the efforts you’ve put
    in writing this blog. I really hope to view the same
    high-grade blog posts from you in the future as well.
    In truth, your creative writing abilities has encouraged me to get my own site now 😉

  8. Google

    Google

    Below you will discover the link to some websites that we assume you need to visit.

Leave a Reply